Rekam Jejak 5 Striker Asal Negeri Telenovela di Liga Inggris

Football5star.com, Indonesia – Bagi orang Indonesia, Meksiko dikenal sebagai Negeri Telenovela. Bagaimana tidak, di era 90-an banyak telenovela dari Meksiko yang membanjiri televisi Indonesia. Namun jika bicara sepak bola Meksiko, fans Liga Inggris dari Indonesia pun cukup familiar sejumlah pemain dari negara kawasan Amerika Utara ini.

Kedatangan pesepakbola asal Meksiko ke Liga Inggris sebenarnya masih tergolong baru. Liga Inggris baru kedatangan pemain Meksiko di musim 2005/2006. Meski tergolong baru, sejumlah pemain Meksiko mampu mengguncang Liga Inggris dengan aksi mereka.

Teranyar tentu saja aksi dari striker Wolves, Raul Jimenez. Selain Jimenez, berikut 4 pemain Meksiko yang membuat Liga Inggris tambah berwarna dengan aksi mereka.

Jared Borgetti

Pemain Meksiko yang pertama kali menginjak kakinya di Liga Inggris ialah Jared Borgetti. Pemain yang masuk ke dalam 10 besar top skor sepanjang Meksiko ini datang ke Inggris pada musim 2005/2006 setelah direkrut oleh Bolton Wanderers dari Pachuca.

Bolton harus mengeluarkan uang sebesar 1 juta poundsterling untuk bisa mendapatkan jasa Borgetti. Kedatanganya jadi buah bibir dan menarik perhatian publik sepak bola Inggris.

Rekam Jejak 5 Striker asal Negeri Telenovela di Liga Inggris
The Sun

Penampilannya bersama Santos Laguna yang mampu mencetak 205 gol jadi pusat perhatian pencinta Liga Inggris, utamanya fans Bolton. Sayang karier Borgetti di Bolton tak berjalan mulus.

Satu musim di Reebok Stadium, Borgetti tak cemerlang saat di Liga Meksiko. Ia hanya dimainkan sebanyak 19 kali oleh, Sam Allardyce, pelatih Bolton saat itu. Dari 19 kali di mainkan oleh Big Sam, Borgetti hanya mampu torehkan 2 gol.

Javier Hernandez

Bernama lengkap Javier Hernandez Balcazar, striker satu ini bisa dikatakan cukup sukses di Liga Inggris, khususnya bersama Manchester United. Pemain yang akrab disapa Chicharito tersebut mampu mempersembahkan 2 gelar Liga Inggris dan 1 Piala FA.

Meski berstatus sebagai pemain cadangan, Chacharito ialah super sub bagi permainan Man United. Sejumlah gol krusialnya membuat Red Devils meraih kemenangan.

Rekam Jejak 5 Striker asal Negeri Telenovela di Liga Inggris
dailymail.co.uk

Publik Old Trafford tentu masih ingat gol menit akhirnya di laga melawan Wolves pada musim 2010/2011. Masuk sebagai pemain pengganti, eks striker Guadalajara mampu mencetak kemenangan dan mengantarkan Red Devils lolos ke babak perempatfinal Piala FA musim itu.

Gol ‘beruntungnya’ kembali ia cetak saat kembali jadi pemain pengganti saat Man United bertemu WBA. Saat itu kedudukan sama kuat 1-1, sundulannya memanfaatkan umpan dari Wayne Rooney membuat United meraih kemenangan 2-1.

Sayang pada musim 2015, Javier Hernandez dilepas permanen ke Bayern Leverkusen setelah di musim 2014 ia dipinjamkan ke Real Madrid. Saat ini Javier Hernandez masih berkarier di Liga Inggris bersama West Ham United dan telah mengoleksi 15 gol sejak bergabunng dari 2017.

Giovani dos Santos

Rekam Jejak 5 Striker asal Negeri Telenovela di Liga Inggris
The Sun

Hattrick pemain kelahiran Monterrey, Meksiko ini ke gawang Real Murcia pada 17 Mei 2008 membuat Barcelona meraih kemenangan 5-3. Torehan tiga gol ini juga yang membuat Giovani dos Santos terbang ke London di musim berikutnya dan bergabung bersama Tottenham Hotspur.

Laporan football5star.com yang dikutip dari transfermarkt menyebutkan Spurs harus rogoh kocek sebesar 6 juta euro untuk mendapatkan jasa Santos. Angka yang cukup besar untuk ukuran pemain muda.

Bersama Spurs, Giovani dos Santos cukup lambat beradaptasi dengan iklim Liga Inggris. Selain masih berusia belia, saat itu Spurs juga masih dihuni sejumlah striker kawakan seperti Jermain Defoe dan Robbie Keane.

Meski begitu, pemain binaan La Masia ini masih mampu membuat pendukung Spurs jatuh hati saat mencetak 1 gol ketika Spurs bertemu Borussia Dortmund di ajang Feyenoord Jubileum.

Setelah melempem dan hanya dimainkan sebanyak 17 kali, Giovani dos Santos dilepas permanen oleh Spurs pada 2012 ke Real Mallorca setelah selama tiga musim menjalani status pemain pinjaman di Ipswich Town, Galatasaray, dan Racing Santander.

Carlos Vela

Anak dari seorang tukang las besi di Meksiko ini jadi pusat perhatian ketika bermain di Piala Dunia U-17 2005 di Brazil. Arsenal saat itu langsung menawari Carlos Vela pindah dari akademi klub Guadalajara.

Rekam Jejak 5 Striker asal Negeri Telenovela di Liga Inggris
dailymail.co.uk

Mendapat tawaran dari klub sebesar Arsenal, Carlos Vela pun langsung menyetujuinya. Pada musim pertamanya, ia masih ditempatkan di tim cadangan Arsenal.

Vela pun terganjal masalah izin kerja di musim pertamanya karena ia tidak memiliki paspor Uni Eropa. Hal ini pun membuatnya lebih banyak dipinjamkan ke sejumlah klub lain mulai dari Celta Vigo hingga WBA.

Saat ia dipanggil pulang Arsene Wenger karena kekurangan striker pasca cederanya Eduardo pada musim 2008/09. Vela tunjukan penampilan cukup impresif, dimainkan 29 kali, ia mampu mengoleksi 6 gol.

Pada musim 2012, ia resmi meninggalkan tim Meriam London setelah kembali jadi pemain pinjaman sejak musim 2010. Saat ini Vela meniti karier di MLS dengan membela Los Angeles FC.

Raul Jimenez

Terakhir tentu saja ada nama striker yang beberapa pekan lalu membuat malu publik Old Trafford, Man United, Raul Jimenez. Tiga kali bertemu Man United di musim ini, Jimenez jadi aktor antagonis untuk tim besutan Ole Gunnar Solskajer tersebut.

Rekam Jejak 5 Striker asal Negeri Telenovela di Liga Inggris
The Sun

Bergabung bersama Wolves sebagai pemain pinjaman dari Benfica, aksi Jimenez di musim pertamanya di Liga Inggris sangat brilian. Selain gol dan asisst yang ia cetak dan membuat Red Devils malu, Raul Jimenez juga jadi mesin gol Wolves dengan torehkan 12 gol.

Tak mengherankan jika Wolves kemudian memilih mempermanenkan status Raul Jimenez di Molineux Stadium. Eks striker Atletico Madrid dianggap layak mendapat gelar Rockie of The Year jika ada penghargaan seperti itu di Liga Inggris.

Sayang penampilan apiknya di babak semifinal Piala FA tadi malam harus terhenti. Satu golnya untuk Wolves tak membantu tim besutan Nuno Espírito Santo ke final karena kalah 2-3.

Comments
Loading...