Rekam Jejak Pemain AS di Serie A: Dari Alexi Lalas hingga McKennie

Football5star.com, Indonesia – Juventus resmi mendatangkan pemain Amerika Serikat (AS) Weston McKennie dari Schalke 04 dengan status pinjaman. Ia jadi pemain asal AS pertama yang berkarier di Bianconeri.

Dikutip Football5star.com dari Football Italia, Selasa (1/9/2020) Juve menggelontorkan dana 4,5 juta euro untuk meminjam pemain berusia 22 tahun ini. Jika ia bermain apik, Juve bisa mempermanenkan statusnya dengan membayar 18 juta euro.

Mendapat kesempatan bermain di tim sebesar Juve jadi impian terbesar McKennie. Ia mengaku saat kecil tumbuh dengan menonton serta bermain video game Juve.

twitter.com/juventusfc

“Ketika Anda memikirkan kata Juventus, Anda berpikir itu bersejarah, dan juara Italia sepanjang masa.” ucap McKennie.

Berasal dari negara yang tidak memiliki akar kuat di sepak bola, kedatangan McKennie di Juventus menambah daftar pemain AS yang berkarier di pentas Serie A. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya

Alfonso Negro

Jika merujuk pada data Transfermarkt, pemain kelahiran Amerika Serikat yang pertama kali bermain di Serie A tercatat atas nama Alfonso Negro. Pemain yang berposisi sebagai striker ini kelahiran Brooklyn, Amerika Serikat namun memiliki keluarga asli Italia.

Negro tercatat pernah bermain di Fiorentina pada 1934 hingga 1938. Ia juga pernah membela Napoli. Pada 1936, ia memutuskan untuk membela tim nasional Italia di ajang Olimpiade di Jerman. Yang menarik dari pemain satu ini adalah gelar dokter bedah yang ia dapat dari Universitas Florence.

Setelah Perang Dunia II, ia malah alih profesi menjadi seorang spesialis kebidanan dan ginekologi. Masa tuanya dihabiskan dengan menjadi seorang dosen. Ia meninggal di Florence pada 7 November 1984.

Armando Frigo

Selanjutnya ada nama gelandang kelahiran Indiana, Amerikat Serikat, Armando Frigo. Sama seperti Negro, Figro pun memiliki akar keluarga asli Italia. Karier Frigo di Fiorentina dimulai satu tahun setelah Negro hengkang ke Napoli. Bersama Fiorentina, Frigo tercatat bermain sebanyak 46 kali dan mencetak 7 gol.

Ia lalu pindah ke Spezia dan bermain selama satu musim di sana. Saat pecah Perang Dunia II, Frigo bertugas di Angkatan Darat Italia. Pada September 1943, dia ditangkap oleh pasukan Nazi dan dieksekusi di hutan dekat kota Crkvice, Kroasia. Saat mayatnya ditemukan, di dompetnya ditemukan kartu keanggotan Fiorentina yang masih disimpannya.

Alexi Lalas

Setelah dua nama di atas, Amerika Serikat tak lagi mengirim wakilnya di pentas Serie A. Baru pada 1994, klub Padova merekrut pemain andalan Amerika Serikat di Piala Dunia 1994, Alexi Lalas. Padova rekrut pemain nyentrik satu ini dari tim kecil, Rutgers.

Penampilan legenda sepak bola AS ini di pentas Serie A cukup apik. Di musim pertamanya, ia tercatat mencetak 3 gol dari eksekusi bola mati. Dua gol ia sarangkan ke gawang Inter dan AC Milan.

Lalas mampu membawa Padova lolos dari jurang degradasi pada musim pertamanya. Sayang di musim berikutnya, Lalas tak mampu hindarkan Padova dari jerat degradasi. Ia pun memutuskan kembali ke Amerika Serikat dan membela New England Revolution pada musim 1996-97.

Michael Bradley

Setelah Alexi Lalas, pemain Amerika Serikat yang kembali bermain di Serie A adalah bek Michael Bradley. Ia bermain di Chievo pada musim 2011-12 dan dilanjutkan berkarier di AS Roma. Pada 2014, kontrak eks pemain Aston Villa ini habis dan ia pun kembali ke MLS dengan membela Toronto FC.

Joshua Perez

Fiorentina kembali memiliki pemain AS pada 2016. Ia adalah striker kelahiran California, Joshua Perez. Ia adalah pemain asli didikan akademi Fiorentina. Sebelum bermain di akademi Fiorentina, Perez sempat menimba ilmu di akademi Chivas USA.

Sayang kariernya di Fiorentina tak mulus. Bermain sebanyak 1 kali, ia pun dipinjamkan ke Livorno pada 2017-18 dan akhirnya dilepas ke klub MLS, Los Angeles FC. Perez saat ini tercatat bermain bersama Castellon di Segunda División A, Spanyol.

Alexi LalasJuventusSerie A ItaliaWeston McKennie