Rekam Jejak Wasit Barcelona vs Napoli, Siapa Paling Diuntungkan?

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Barcelona vs Napoli di Stadion Nou Camp, Minggu (9/8/2020) akan dipimpin wasit asal Turki yang memiliki rekam jejak kontroversial, Cuneyt Cakir.

Dikutip Football5star.com dari marca, Jumat (7/8) UEFA menunjuk Cakir jadi pengadil laga Barcelona vs Napoli di Nou Camp. Terpilihnya Cakir jadi pengadil laga ini tentu tak mengenakkan bagi kubu tuan rumah. Pasalnya Cakir jadi wasit yang memimpin laga saat Barcelona takluk 0-4 dari Liverpool di babak semifinal Liga Champions musim lalu.

daily mail

Hasil musim lalu itu terasa sangat menyesakkan bagi Barca. Pasalnya di leg pertama mereka sudah unggul 3-0 atas The Reds. Cakir sendiri di laga Liverpool vs Barca musim lalu jadi pusat perhatian publik Catalan setelah mensahkan gol keempat The Reds yang dicetak oleh Divock Origi.

Kubu Barca meradang pasalnya mereka menganggap gol Origi yang dicetak memanfaatkan tendangan bebas Alexander-Arnold disaat mereka belum siap.

Saat itu, bek berusia 20 tahun tersebut berpura-pura meninggalkan sudut lapangan dan seolah-olah tugasnya digantikan oleh Xherdan Shaqiri. Namun, ketika pemain Barcelona lengah, Alexander-Arnold menyepak bola dan mengarah tepat ke Origi yang mencetak gol.

Faktanya keputusan Cekir tidak salah. Merujuk pada aturan Laws of The Game IFAB (International Football Association Board) 2018-2019, sepakan free kick Alexander-Arnold tidak menyalahi aturan.

“Bola dalam permainan (in play) letika ditendang dan secara jelas bergerak, tidak perlu meninggalkan area sudut.” tulis poin 3 pada aturan tersebut.

Statistik Cuneyt Cakir

Wasit 43 tahun ini mulai memimpin laga Liga Champions di musim 2010-11. Barcelona jadi tim pertama yang ia pimpin. Saat itu Barca melawan Rubin Kazan dan berakhir dengan skor 1-1.

Secara keseluruhan, Cakir memimpin 9 pertandingan Barca di Liga Champions. 4 pertandingan berakhir untuk kemenangan Barca, 4 berakhir imbang, dan 1 laga berakhri dengan kekalahan.

Sedangkan Cekir memimpin Napoli di Liga Champions sebanyak 3 pertandingan, 2 laga berakhir untuk kemenangan Partenopei dan 1 laga berakhir dengan skor imbang.

Namun yang menjadi kewaspadaan bagi kedua tim ini ialah soal Cakir yang rajin memberikan kartu. Rata-rata Cekir memberikan 4,1 kartu kuning per laga yang ia pimpin. Pada laga di leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Spurs vs RB Leipzig, Cekir mengeluarkan 6 kartu kuning bagi pemain kedua tim.

Dari 3 pertandingan Liga Champions musim ini yang dipimpin Cekir, ia tercatat sudah mengeluarkan 14 kartu kuning dan 4 hadiah penalti.

Meski suka memberikan kartu, Cekir pada 2013 sempat masuk lima besar wasit terbaik dunia versi IFFHS. Padahal sebelumnya di 2007, ia sempat mendapat serangan dari kiper Bulent Ataman yang tak terima diberi kartu merah.

BarcelonaCuneyt CakirLiga ChampionsNapoli