Rekam Jejak Wasit Pemimpin Laga Inter vs Juventus

Football5star.com, Indonesia – Laga panas yang mempertemukan dua raksasa Serie A, Inter vs Juventus dinihari nanti akan dipimpin oleh wasit sarat pengalaman, Gianluca Rocchi. Bagi Rocchi, partai nanti menjadi laga Serie A ketiga yang ia pimpin musim ini.

Gianluca Rocchi merupakan salah satu wasit terbaik dari Italia. Pria berumur 46 itu sudah tercatat sebagai wasit reguler di ajang Liga Champions semenjak musim 2010-11. Selain itu, ia juga sempat beberapa kali memimpin partai Liga Europa dalam 11 musim terakhir.

Karier dari Rocchi tak hanya berhenti di kompetisi antar klub Eropa. Ia juga tercatat sebagai salah satu pengadil lapangan yang bertugas di ajang Piala Dunia 2018. Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai salah satu wasit untuk ajang UEFA Nations League tahun lalu.

Gianluca Rocchi - Inter vs Juventus - Zimbio
Zimbio

BERPENGALAMAN MEMIMPIN LAGA DERBY D’ITALIA

Gianluca Rocchi sudah memimpin partai Serie A semenjak musim 2003-04 lalu. Selama lebih dari satu dekade bekerja di Serie A, Rocchi sudah memimpin total 249 partai Serie A. Dari 249 partai panas tersebut, Rocchi tentu pernah mencicipi atmosfer dari laga Derby della Capitale, Derby della Madonnina, Derby della Laterna, dan tentunya, Derby D’Italia.

Bagi Rocchi, partai Inter vs Juventus dinihari nanti marupakan laga Derby D’Italia keempat yang ia pimpin. Partai Derby D’Italia pertamanya datang pada musim 2007-08 lalu. Ketika itu, pertandingan berakhir dengan skor sama kuat, 1-1.

Di dua partai Derby D’Italia lainnya yang dipimpin Rocchi, Juventus selalu berhasil meraih kemenangan. Pada musim 2013-14, Juventus berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1. Kemenangan kedua datang pada musim 2015-16. Ketika itu, Bianconerri mampu meraup kemenangan dengan skor 2-0.

Gianluca Rocchi - Inter vs Juventus - Calcio Fanpage
Signora Mia Calcio

Bagi Rocchi, partai dinihari nanti adalah kali ke-36 ia memimpin laga Juventus. Dari 35 laga yang dipimpin oleh Rocchi, Juventus memiliki rekor yang ciamik. Yakni 27 kemenangan, empat imbang, dan hanya empat kalah. Bianconerri bahkan berhasil meraih 13 kemenangan dari 14 laga terakhir bersama Rocchi.

Di kubu lawan, partai dinihari nanti menjadi laga ke-34 Rocchi bersama Inter Milan. Berbeda dengan Juventus, Inter tak memiliki rekor yang apik bersama Rocchi dari 33 partai sebelumnya. Nerazzurri hanya mampu meraih 14 kemenangan dan sudah 12 kali imbang ketika bermain di bawah arahan Rocchi.

Jika melihar rekor di atas, wajar rasanya jika Juventus menatap laga Derby D’Italia nanti dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi. Namun, Inter juga tak perlu berkecil hati. Kehadiran Antonio Conte membuat mereka kini menjadi tim favorit untuk bisa mematahkan dominasi Juventus di Italia musim ini.

Comments
Loading...