Rekan Main Diego Maradona di Napoli Kini Hidup Menggelandang

Football5Star.com, Indonesia – Kehidupan manusia memang bak putaran roda. Suatu ketika ada di atas, pada saat yang lain berada di bawah. Itu pula yang dialami Pietro Puzone, rekan main Diego Maradona semasa di Napoli. Dulu juara, sekarang tak punya apa-apa. Sampai-sampai, dia hidup menggelandang.

Tiga dekade silam, Pietro Puzone jadi bagian skuat Napoli saat menjuarai Serie A dan Coppa Italia. Dia menjadi rekan main Diego Maradona, Ciro Ferrara, Bruno Giordano, Fernando De Napoli, dan Andrea Carnevale. Sayangnya, sepanjang musim itu, dia sama sekali tak dimainkan oleh pelatih Ottavio Bianchi.

Kini, kehidupan Puzone sungguh memprihatinkan. Kondisinya mencuat ke permukaan setelah ditemui penyiar Radio Marte, Gianni Simioli. “Saya menemukan dia dalam kondisi tak manusiawi. Dia sungguh papa, tak punya apa-apa, tidur pun di bangku taman. Mungkin dia juga sakit,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Infobae.

Pietro Puzone yang jadi rekan main Diego Maradona di Napoli kini jadi gelandangan.
diariopanorama.com

Menurut Simioli, Puzone menggelandang di Acerra, sebuah kota kecil yang terletak 14 km dari Napoli. Kondisi itu pun sudah dilaporkan kepada wali kota. Namun, kata dia, belum ada tindakan apa pun yang diambil pemerintah setempat terhadap sosok yang dikabarkan dekat dengan Maradona itu.

Hal itu dibantah Raffaele Lettiere, sang wali kota. “Kami menangani dia pada Mei, pada masa tanggap darurat COVID-19 dan penanganan sebelumnya oleh layanan kecanduan juga tak berhasil. Jika eks rekan-rekan mainnya merasa dia itu penting, dorongan yang baik sangat diharapkan,” ucap dia kepada Gazzetta dello Sport.

Saking memprihatinkan kondisinya, Pietro Puzone sempat dikabarkan meninggal dunia. Di laman Wikipedia, ada seseorang yang tega mencantumkan 23 Juni 2020 sebagai hari kematian eks rekan main Diego Maradona tersebut.

Akan tetapi, kabar itu ditepis salah keponakannya, Antonella Puzone. “Meskipun rumor soal kematian Pietro Puzone terus beredar, bahkan di Wikipedia, paman saya masih hidup,” kata dia di laman Facebook-nya seperti dikutip Edizione Napoli.

Puzone Mau Jalani Perawatan

Kabar menyedihkan yang diungkap Simioli akhirnya menggugah teman-teman dan kerabat Puzone. Seperti dikabarkan Il Mattino, mereka rupa-rupanya berhasil meyakinkan eks pemain Napoli itu untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

“Saya mendengar wawancaramu dengan (Giuseppe) Bruscolotti kemarin. Saya pikir akan sangat menyenangkan jika dapat bertemu dia kembali. Dialah orang yang membimbing saya sejak junior hingga masuk tim utama,” kata Puzzone kepada Simioli yang memang sengaja mengontak Bruscolotti.

Mengenai kondisinya yang menggelandang saat ini, Pietro Puzone menjelaskan, “Saya sekarang baik-baik saja dan berangsur pulih. Saya jadi begini karena kesalahan saya sendiri. Sejak lepas dari sepak bola, saya berteman dengan orang-orang yang salah dan tak peduli karena terlalu naif.

Meskipun tak punya peran di tim Napoli saat juara Serie A dan Coppa Italia pada 1986-87, Pietro Puzone mendapatkan tempat di hati para tifosi. Terutama masyarakat Acerra. Dia sempat membantu penggalangan dana bagi seorang anak-anak dengan pertandingan amal yang juga diikuti Diego Maradona.