Rekapitulasi Liga 1 Musim 2018

Football5star.com, Indonesia – Persija Jakarta resmi menjadi juara Liga 1 setelah meraih kemenagan atas Mitra Kukar di laga penutup musim pada Minggu (9/12). Keberhasilan ini sekaligus memastikan Persija mendapatkan satu tiket untuk melaju ke Liga Champions Asia musim depan.

Posisi runner-up berhasil diamankan oleh PSM Makassar yang berhasil menang telak atas PSMS Medan di partai pamungkas Liga 1 musim ini. Keberhasilan itu membuat Juku Eja mendapatkan satu tiket untuk melaju ke babak grup Piala AFC musim depan.

Meskipun mendapatkan satu tiket ke Liga Champions Asia, langkah Persija tidaklah mudah. Mereka harus menghadapi tim Singapura, Home United, di babak kualifikasi. Sementara itu, PSM akan berada satu grup dengan perwakilan Vietnam, Becamex Binh Duong dan wakil Myanmar, Shan United di babak grup Piala AFC 2019.

Peringkat ke-3 ditempati oleh juara musim lalu, Bhayangkara FC yang unggul satu poin dari Persib Bandung yang ada di posisi ke-4. Di papan bawah, PSMS Medan, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC terpaksa harus turun kasta ke Liga 2 setelah menelan kekalahan di partai penutup musim 2018.

Sebelum partai penutup musim digelar, PS Tira dan Perseru Serui juga berada dalam posisi terancam. Namun, kemenangan yang diraih kedua tim tersebut memastikan posisi keduanya di kasta teratas sepak bola Indonesia musim 2019.

PEMENANG GELAR INDIVIDU LIGA 1 MUSIM 2018

Selain memastikan satu tempat di Liga 1 musim depan, PS Tira juga memiliki prestasi membanggakan lainnya. Penyerang andalan mereka, Aleksandar Rakic didapuk menjadi top skorer Liga 1 dengan raihan 21 gol. Unggul satu gol dari bomber Persebaya Surabaya, David da Silva yang mengoleksi 20 gol. Sementara itu, penyerang andalan Persija, Marko Simic, harus puas menempati peringkat ke-3 daftar top skorer dengan koleksi 18 gol.

Selain menjadi juara Liga, Persija juga mendominasi penghargaan individu yang diberikan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1. Stefano ‘Teco’ Cugurra didapuk menjadi pelatih terbaik dan Rohit Chand menjadi pemain terbaik Liga 1 sepanjang musim 2018.

Comments
Loading...