Rekor Baru Warnock: Promosikan Empat Klub Berbeda

Football5Star.com, Indonesia – Cardiff City menjadi klub kedua yang memastikan promosi ke Premier League musim depan. Salah satu orang paling berjasa terhadap kembalinya klub asal Wales ke kasta tertinggi sepak bola Inggris adalah sang manajer, Neil Warnock.

Menukangi Cardiff sejak musim lalu, pelatih 69 tahun tersebut perlahan membangkitkan klub dari keterpurukan. Hasilnya, hanya dalam waktu sekejap, ia mampu mengembalikan Cardiff ke Premier League setelah terdegradasi musim 2013-2014.

Walaupun berpredikat sebagai pelatih senior di Inggris, CV Warnock tidak terlalu mencolok karena ia tidak pernah menukangi tim-tim besar. Bisa dikatakan pula jika pria yang sudah menekuni dunia kepelatihan sejak tahun 1980 ini adalah spesialis klub-klub semenjana.

Akan tetapi, siapa sangka jika di balik itu ia berhasil menggores tinta emas. Dalam rilis Opta, Warnock menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil mempromosikan empat tim berbeda ke Premier League.

Keempat klub itu adalah Notts County, Sheffield United, Queens Park Rangers, dan sekarang Cardiff. Rekor Warnock berawal pada musim 1991-1992 bersama Notts ketika kompetisi masih bernama First Division.

Berselang 13 tahun, giliran klub kota kelahirannya, Sheffield, yang dibawa mengenyam Premier League setelah berada di Divisi Championship selama 12 musim. Nahasnya, ia langsung dipecat pihak klub setelah berhasil mengangkat prestasi tim yang bermarkas di Bramall Lane Stadium ini.

Setelah itu, QPR pun merasakan tangan dingin Warnock ketika berhasil membawa klub milik Tony Fernandez promosi di musim 2011-2012. Sekarang, ia berhasil mengulang prestasi tersebut dengan klub keempat, Cardiff, setelah menahan imbang Reading 0-0 pada pekan terakhir.

Comments
Loading...