Rekor Elok Youssoufa Moukoko Berbalut Nestapa Dortmund

Football5star.com Indonesia – Pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, kembali mengukir rekor di kasta teratas Liga Jerman. Penyerang kelahiran Kamerun itu menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga 1.

Rekor itu dibukukan ketika Youssoufa Moukoko membela Dortmund menghadapi Union Berlin, Sabtu (19/12/2020) WIB. Sayang, rekor itu tak sempurna. Pasalnya, Dortmund harus menderita kekalahan 1-2 pada pertandingan yang digelar di Stadion Alte Foersterei itu.

Union Berlin membuka keunggulan lebih dahulu pada menit ke-57 melalui gol Taiwo Awoniyi. Berselang tiga menit, bola hasil tembakan Youssoufa Moukoko dari dalam kotak penalti melesak ke gawang Union Berlin.

Sial bagi Dortmund, 12 menit jelang waktu normal babak kedua berakhir, tuan rumah bisa mencetak gol kemenangan. Marvin Friedrich mengembalikan keunggulan Union Berlin sekaligus mengamankan kemenangan 2-1.

Youssoufa Moukoko Tak Berhenti Goreskan Tinta Emas

Terlepas dari hasil buruk itu, nama Youssoufa Moukoko tetap tercatat dengan tinta emas. Dalam usia 16 tahun dan 28 hari, dia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga 1.

Moukoko melampaui rekor sebelumnya yang dipegang pemain muda Bayer Leverkusen, Florian Wirtz, kala mencetak gol pada usia 17 tahun satu bulan dan tiga hari pada Juni silam.

“Dia bermain baik,” pujian singkat pelatih Dortmund, Edin Terzic, untuk Moukoko, seperti dikutip Football5star.com dari laman Bundesliga.de.

Sebelumnya, Youssoufa Moukoko juga mengukir sederet rekor. Dia menjadi pemain termuda yang melakoni debut di Bundesliga 1 setelah masuk dari bangku cadangan ketika Dortmund menang 5-2 atas Hertha Berlin. Ketika itu, dia tampil sehari setelah merayakan ulang tahun ke-16 pada bulan lalu.

Moukoko untuk pertama kali dipasang sebagai starter ketika Dortmund menghadapi Werder Bremen pada tengah pekan lalu. Laga yang dimenangkan 2-1 itu juga menjadi pertandingan pertama Edin Terzic sebagai pelatih kepala Dortmund.

Union Berlin vs Borussia Dortmund - @bundesliga_en
Bundesliga.com

Sementara pada awal Desember, Youssoufa Moukoko menjadi pemain termuda yang tampil di Liga Champions. Dia masuk sebagai pengganti pada menit ke-58 ketika Doetmund menang 2-1 atas Zenit S. Petersburg.

Pada pertandingan tersebut, Moukoko berusia 16 tahun dan 18 hari. Dia mematahkan rekor sebelumna milik Celestine Babayaro yang mencatat debut ketika berumur 16 tahun dan 87 hari bersama Anderlecht pada musim 1994-95.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More