Rekor-Rekor yang Mengiringi Bali United Juara Liga 1 2019

Football5Star.com – Bali United sukses merengkuh gelar juara Liga 1 2019 usai mengandaskan 2-0 Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, Senin (2/12). Berbagai rekor pun menghiasi keberhasilan pasukan Stefano Cugurra Teco tersebut.

Keberhasilan Bali United juara jelas sudah diprediksi beberapa pekan sebelumnya. Maklum, Serdadu Tridatu sudah menjadi penguasa klasemen sejak pekan keenam.

Dari pekan itu, mereka bersaing dengan Tira-Persikabo dan PSM Makassar. Tapi seiring waktu berjalan, para pesaing justru mengalami penurunan performa hingga Bali United bak tak tersentuh di pucuk takhta.

Belakangan, mereka justru bersaing dengan Persipura Jayapura dan Borneo FC. Tapi tetap saja, Bali United memiliki selisih poin selalu di atas 10 dari kedua tim tersebut.

Nah, ada berbagai rekor di balik keberhasilan Bali United jadi kampiun Liga 1 2019.

Berikut Football5Star.com rangkum:

  • Bali United menyamai rekor Persipura Jayapura dengan memastikan juara pekan ke-30. Pada musim 2012-2013, Persipura jua dipastikan juara pada pekan tersebut.
  • Stefano Cugurra Teco mengukir rekor tersendiri. Dia menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil memenangi Liga Indonesia dua musim beruntun setelah musim sebelumnya bersama Persija Jakarta.
  • Teco juga jadi pelatih asing keenam yang sukses menjuarai Liga Indonesia sejak 1994. Sebelumnya, Henk Wullems, Sergei Dubrovin, Jacksen F Tiago, Robert Rene Alberts, dan Simon McMenemy jua berhasil membawa timnya juara liga.
  • Ada tiga pemain Bali United yang sukses merasakan gelar juara di dua klub berbeda, yakni Ilija Spasojevic (sebelumnya Bhayangkara), Gunawan Dwi Cahyo (sebelumnya Persija), dan Paulo Sergio (sebelumnya di Bhayangkara)
  • Ilija Spasojevic jadi pemain yang merasakan gelar juara di tiga tim berbeda. Selain juara Liga 1 bersama Bhayangkara dan Bali United, dia jua pernah merasakan gelar Piala Presiden 2015 dengan Persib Bandung.
  • Bali United di ambang rekor poin tertinggi di era Liga 1. Andai bisa melibas habis empat laga sisa, mereka akan juara dengan perolehan poin tertinggi, yakni 75. Mereka bisa mematahkan rekor Bhayangkara FC yang koleksi 68 poin ketika juara.