Rekor Tim di Piala Dunia

Jerman dan Brasil adalah dua tim tersukses di Piala Dunia.
vox.com

Football5Star.com, Indonesia – Sejak pertama kali digelar pada tahun 1980 silam, terdapat total 80 tim yang pernah menjadi bagian dari Piala Dunia. Dari 80 tim tersebut, tentunya terdapat cukup banyak rekor-rekor yang dibuat di Piala Dunia oleh para tim peserta.

Berikut adalah rekor-rekor yang dibuat para tim peserta di Piala Dunia.

REKOR PENAMPILAN DAN PRESTASI
Tim Tersukses: Brasil

Piala Dunia tampaknya sudah identik dengan kehadiran Brasil. Wajar saja, pasalnya Brasil berhasil menjadi tim terbaik sebanyak 5 kali. Tim Samba berhasil menjadi juara pada edisi tahun 1958, 1962, 1970 1994 dan terakhir 2002. Selain berhasil 5 kali menjadi juara, Brasil juga berhasil 2 kali menduduki posisi runner up.


Tak Pernah Absen: Brasil

Brasil bukan hanya tim tersukses dengan meraih lima gelar juara. Selecao juga adalah tim yang paling sering tampil di putaran final Piala Dunia. Sejak 1930, mereka tak pernah absen. Soal partisipasi ini, pesaing terdekat Brasil adalah Jerman yang hanya dua kali absen pada 1930 dan 1950.


Penampilan Terbanyak: Jerman
Timnas Jerman (football5star.com)
Bleacher Report

Jerman memang sempat dua kali absen di Piala Dunia, yakni pada 1930 dan 1950. Namun, soal jumlah pertandingan yang dilakoni di ajang empat tahunan ini, Die Mannschaft adalah yang terdepan.

Hingga Brasil 2014, Jerman telah melakoni 106 laga. Itu dua laga lebih banyak dari Brasil yang tak pernah absen tampil di Piala Dunia sejak 1930. Dari 106 laga, Jerman berhasil memenangi 66 partai, bermain imbang dalam 20 partai, dan kalah 20 kali.


Kemenangan Terbanyak: Brasil

Brasil menjadi tim yang paling sering meraih kemenangan di pertandingan pada ajang Piala Dunia. Dari 104 laga, Selecao berhasil menjadi pemenang di 70 pertandingan, kalah dalam 17 laga dan bermain imbang dalam 17 laga sisanya.


 

Imbang Terbanyak: Italia
Timnas Italia (football5star.com)
FIFA.com

Italia berhasil menjadi tim terbanyak bermain imbang di Piala Dunia. Dari 83 laga, Gli Azzurri berhasil menahan imbang lawannya dalam 21 kesempatan. Artinya, sekitar 25 persen laga Italia di Piala Dunia berakhir dengan hasil seri.

Dalam urusan bermain imbang ini, Italia hanya terpaut satu pertandingan dari Jerman. Sepanjang berkiprah di Piala Dunia, Die Mannschaft tercatat mengalami 20 kali hasil imbang. Namun, itu hanya sekitar 19 persen dari total laga yang dilako Jerman di Piala Dunia.


Kalah Terbanyak: Meksiko

Meksiko harus puas menyandang predikat sebagai tim yang paling sering menelan kekalahan di ajang Piala Dunia. El Tri harus mengakui keunggulan lawannya dalam 25 kesempatan dari 53 pertandingan. Argentina berada di posisi kedua dengan 21 kekalahan.


Tuan Rumah Terbaik: Uruguay

Uruguay menjadi ruan rumah pertama di ajang Piala Dunia pada tahun 1930. Uruguay juga berhasil mencetak rekor sebagai tim tuan rumah terbaik dan masih belum dapat dipecahkan hingga kini. La Celeste berhasil memenangi seluruh laga dan berhasil mencetak 15 gol dan hanya dapat dibobol sebanyak 3 kali. Uruguay juga berhasil menjadi juara pertama Piala Dunia.


Tuan Rumah Terburuk: Afrika Selatan

Afrika Selatan berhasil menjadi negara pertama di benua Afrika yang menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2010 silam. Namun, di hadapan pendukungnya sendidi Bafana Bafana hanya mampu meraih 1 kemenangan dan 1 hasil imbang dari 3 pertandingan. Selain itu, meraka juga hanya berhasil mencetak 3 gol dan kebobolan 5 gol.


Paling Sering Menjadi Runner Up: Jerman

Jerman berhasil menjadi Runner Up dalam 4 edisi Piala Dunia. Nationalelf kalah di babak final pada edisi 1966, 1982, 1986, dan 2002. Jerman juga menjadi tim yang paling sering menjadi juara ketiga, yakni sebanyak 4 kali.

REKOR GOL
Pencetak Gol Terbanyak: Jerman

Tim Panser menjadi tim yang paling sering mencetak gol di Piala Dunia. Dari 106 pertandingan, Jerman berhasil mencetak 224 gol. Striker Jerman, Miroslav Klose, juga menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol di ajang Piala Dunia dengan torehan 16 gol.


Kebobolan Terbanyak: Jerman

Selain menjadi tim paling produktif, Jerman juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan terbanyak. Total, jala Die Mannschaft telah bergetar sebanyak 121 kali.


Pencetak Gol Terbanyak Satu Edisi: Hungaria
Timnas Hungaria (football5star.com)
eir.ie

Hungaria berhasil mencetak 27 gol di edisi 1954. Saat itu, Hungaria diperkuat oleh beberapa pemain legendaris seperti Ferenc Puskas, Lazslo Kubala dan Sandor Kocsis. Kehebatan Hungaria saat itu membuat mereka dijuluki sebagai The Mighty Magyars.

Menariknya, tim terproduktif kedua adalah lawan Hungaria di final Piala Dunia 1954 itu, yakni Jerman Barat. Sepanjang turnamen, Fritz Walter cs. berhasil membukukan 25 gol. Di antaranya tentu saja tiga gol yang dicetak ke gawang Hungaria di partai puncak yang dikenal sebagai Das Wunder von Bern.


Kebobolan Terbanyak Satu Edisi: Korea Selatan

Korea Selatan adalah ti yang paling banyak kebobolan dalam satu turnamen Piala Dunia. Rekor pahit tersebut dicetak tim negeri Ginseng pada Piala Dunia edisi 1954. Saat itu, jala mereka berhasil digetarkan sebanyak 16 kali. Dari 16 gol yang bersarang ke gawang mereka, 9 diantaranya dicetak oleh timnas Hungaria.

REKOR LAINNYA
Kartu Terbanyak: Argentina

Argentina berhasil menjadi tim yang paling sering mendapatkan kartu di Piala Dunia. Albiceleste total mendapatkan 120 kartu. 111 kartu kuning dan 9 kartu merah. Jerman berada di posisi kedua dengan raihan 117 kartu.


Terbanyak Adu Penalti: Argentina
Timnas Argentina (football5star.com)
Golazo Argentino

Argentina juga menjadi tim yang paling sering menghadapi babak adu penalti. La Celeste y Blanca sudah 5 kali memainkan adu penalti yang 2 di antaranya pada 1990. Mereka berhasil keluar sebagai pemenang dalam 4 kesempatan.

Satu-satunya kekalahan dialami Tim Tango saat berhadapan dengan Jerman di perempat final Piala Dunia 2006. Kala itu, mereka kalah 2-4 karena Roberto Ayala dan Esteban Cambiasso gagal menaklukkan Jens Lehmann yang mengawal gawang Die Mannschaft.

 

Comments
Loading...