Remaja 16 Tahun Jadi Senjata Rahasia Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-23

Football5star.com, Indonesia – Mungkin belum banyak orang yang pernah mendengat nama Suphanat Mueanta. Namanya memang tak segemerlang Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn ataupun Theeraton Bunmathan. Terlebih usia Suphanat Mueanta baru menginjak angka 16 tahun.

Meskipun masih berusia 16 tahun, Suphanat Mueanta menjadi salah satu pemain yang patut diperhitungkan di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23. Pasalnya, ia sudah disebut sebagai salah satu pemain muda terbaik dari Thailand di abad ke-21.

PENCETAK GOL TERMUDA DALAM SEJARAH LIGA THAILAND

Saat ini, Suphanat Mueanta merupakan salah satu penggawa dari Buriram United. Namanya mulai menjadi buah bibir ketika berhasil mencetak gol ke gawang Air Force Central pada bulan Mei 2018 lalu.

Di partai tersebut, Buriram United berhasil meraih kemenangan dengan skor telak, 5-0. Suphanat Mueanta berhasil menunjukkan penampilan gemilang di pertandingan itu. Bagaimana tidak? Di usianya yang ketika itu belum genap 16 tahun, Suphanat berhasil mencetak dua gol ke gawang Air Force Central.

Catatan istimewa tersebut membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Thailand. Selain menjadi pencetak gol termuda, dua gol milik Suphanat juga berhasil membawa Buriram United menjadi jawara Liga Thailand musim 2018.

Suphanat Mueanta - Timnas Thailand U-23 - FourFourTwo
FourFourTwo
BUKANLAH MUKA BARU DI SKUAT TIMNAS THAILAND

Penampilan gemilang Suphanat bersama Buriram United membuat pelatih timnas Thailand U-19 memutuskan untuk membawanya untuk tampil di ajang Piala AFF U-19 dan Piala AFC U-19.

Tampil sebagai pemain termuda di skuat timnas Thailand tak membuat Suphanat merasa canggung. Di ajang Piala AFF U-19, ia berhasil mencetak dua gol. Kedua gol itu datang pada partai melawan Singapura dan Laos.

Performa maksimal dari Suphanat terus berlanjut di ajang Piala AFC U-19 beberapa bulan setelahnya. Ia berhasil mencetak dua gol dan mampu membawa Negeri Gajah Putih melaju ke babak 16 besar. Sayangnya, langkah mereka dihentikan oleh Qatar dengan skor telak, 7-3.

Sebelum menunjukkan bakatnya di timnas Thailand U-19, Suphanat Mueanta merupakan salah satu penyerang mematikan di skuat U-16. Ramaja kelahiran tahun 2002 itu berhasil mencetak 19 gol dari 16 penampilannya untuk timnas Thailand U-16.

MEMILIKI DARAH SEPAK BOLA

Suphanat Mueanta bukanlah satu-satunya pesepak bola profesional di dalam keluarganya. Ia memiliki kakak kandung yang bernama Supachok Sarachat. Keduanya merupakan penggawa Buriram United di Liga Thailand musim 2018.

Tak jauh berbeda dengan Suphanat, Supachok juga merupakan salah satu bakat muda terbaik di Negeri Gajah Putih. Meskipun baru berusia 20 tahun, ia sudah menjadi salah satu pemain andalan dari Burarom United dalam tiga tahun terakhir.

Bakat besar yang dimiliki oleh Supachok pun tak luput dari pengamatan timnas Thailand. Ia berhasil mencetak tiga gol dari 11 penampilan bersama timnas Thailand U-23. Selain itu, ia juga menjadi salah satu nama yang masuk ke dalam skuat senior timnas Thailand di ajang Kualifiaksi Piala Dunia 2018 lalu. Ia juga menjadi bagian dari skuat timnas Thailand U-23 yang akan berlaga di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23.

Suphanat Mueanta - Timnas Thailand U-23 - New Strait Times
New Strait Times
SIAP MENGHADAPI TANTANGAN YANG LEBIH BESAR

Berdasarkan rekor ciamik yang dimilikinya, rasanya pantas apabila Suphanat Mueanta menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai di ajang Kualifiaksi Piala Asia U-23. Seluruh warga Thailand juga tentunya menaruh harapan besar di pundak remaja 16 tahun ini.

Meskipun sudah dipastikan akan berlaga di Piala Asia U-23 sebagai tuan rumah, Thailand tentunya tak akan menganggap enteng tiga pertandingan di ajang kualifikasi. Mereka tentunya ingin meraih hasil yang maksimal sebagai bekal untuk berlaga di SEA Games 2019 dan Piala Asia U-23 nantinya.

Selain itu, status tim tuan rumah milik Thailand juga bisa membuat Suphanat bermain lepas tanpa beban. Apabila ia mampu menghadapi segala tekanan yang datang, maka bukan tak mungkin Suphanat Mueanta bisa menjadi pemain terbaik milik Thailand di masa depan.

Comments
Loading...