Perubahan Format Piala Dunia Antarklub Mendapat Tentangan dari Tim Eropa

Football5star.com, Indonesia – Rencana FIFA untuk merombak turnamen Piala Dunia Antarklub ternyata tak mendapatkan respon yang positif dari beberapa klub Eropa. Mereka pun sudah melayangkan surat protes ke FIFA sebagai tanda penolakan perubahan format Piala Dunia Antarklub.

Selain sudah memberikan surat penolakan, klub-klub Eropa yang tergabung dalam Asosiasi Klub Eropa (ECA) sudah memastikan tak akan ikut serta di edisi perdana pada tahun 2021 mendatang. Namun, mereka tak menutup kemungkinan untuk ikut serta di edisi selanjutnya pada tahun 2024.

“Para anggota ECA sudah memastikan tak akan ikut serta dalam kompetisi Piala Dunia Antarklub pada tahun 2021. Kami masih terus mengkaji kemungkinan untuk ikut serta di edisi tahun 2024,” tulis pernyataan resmi ECA dikutip dari laman BeSoccer.

Surat resmi itu sudah dikirimkan ke FIFA pada tanggal 14 Maret lalu. Beberapa klub raksasa seperti Bayern Munich, Juventus, Barcelona, Manchester United, dan PSG menjadi pemrakarsa penolakan yang dilakukan oleh ECA.

Presiden FIFA, Gianni Infantino sendiri mengatakan bahwa perubahan format Piala Dunia Antarklub bertujuan untuk mengakomodir perkembangan pesat dari setiap klub di seluruh belahan dunia. Ia pun memastikan edisi perdana akan digelar pada musim panas 2021 mendatang. Mengisi slot yang tadinya dipersiapkan untuk ajang Piala Konfederasi.

Dalam format barunya, Piala Dunia Antarklub akan mempertemukan 24 tim terbaik dari seluruh belahan dunia. Rinciannya adalah, delapan klub dari Eropa, enam dari Amerika Selatan, tiga tim masing-masing dari Afrika, Asia, Amerika Utara dan Amerika Utara, serta satu perwakilan Oseania.

Comments
Loading...