Resep Sukses Jacksen F. Tiago Diungkap Bio Paulin

Football5Star.com, Indonesia – Jacksen F. Tiago adalah sosok pelatih berprestasi dan legendaris di Liga Indonesia. Dialah pelatih pertama yang merebut tiga gelar juara sejak Perserikatan dan Galatama dilebur. Menurut Bio Paulin, eks pemainnya semasa di Persipura Jayapura, kesuksesan itu bukan tanpa sebab.

Bio Paulin hampir satu dekade memperkuat Persipura Jayapura. Selama waktu itu, dia merasakan sentuhan banyak pelatih. Namun, menurut dia, Jacksen F Tiago adalah yang paling istimewa. Pelatih asal Brasil itu dinilai punya pendekatan apik sehingga mampu membuat tim begitu solid.

“Jacksen adalah pelatih yang baik, di lapangan maupun di luar lapangan. Coach Jacksen tahu persis karakter pemain Papua seperti apa. Mereka beruntung punya pelatih yang tahu karakter pemain karena itu yang utama, dan itu dimiliki coach Jacksen,” ujar Bio Paulin seperti dikutip Football5Star.com dari Cendrawasih Pos.

Bio Paulin hampir satu dekade menghabiskan kariernya di Persipura Jayapura.
jubi.co.id

Hal lain yang mendasar dan sangat membekas di hati Bio adalah kemauan Jacksen untuk mendengarkan masukan. Meski memegang penuh otoritas tim, eks striker Persebaya Surabaya itu selalu membuka kuping dan hati.

“Dari sekian pelatih, coach Jacksen merupakan pelatih yang tidak sungkan untuk mendengarkan masukan dari pemainnya sendiri. Jarang ada pelatih yang miliki prinsip seperti itu, tapi Jacksen bisa menerima masukan dari pemain sehingga ia memiliki solusi bagi pemain yang memiliki masalah di lapangan,” urai Bio.

Jacksen dan Persipura Memang Berjodoh

Pemain berdarah Kamerun yang terakhir tercatat sebagai pemain PSGC itu secara khusus menilai Jacksen dan Persipura adalah jodoh sempurna. Atas dasar itu, dia tak heran melihat Mutiara Hitam bergeliat kembali sejak ditangani pelatih yang akrab disapa Big Man tersebut.

“Setiap pelatih tentu memiliki pola berbeda, tapi Coach Jacksen memiliki pola yang cocok dengan Persipura. Siapa (pun) yang bekerja sama dengan Jacksen pasti akan senang. Jacksen sudah buktikan bersama Persipura. Ia berhasil meraih gelar juara beberapa kali di Persipura,” urai Bio lagi.

Bersama Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menjuarai Liga Indonesia 2010-11 dan 2013. Kala itu, Bio Paulin jadi andalan di lini pertahanan Mutiara Hitam. Adapun satu gelar juara lainnya diraih Big Man pada 2004 bersama mantan klubnya, Persebaya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More