Resmi: Fabio Cannavaro Gantikan Lippi Sebagai Pelatih Cina

Football5star.com, Indonesia – Timnas Cina akhirnya mendapatkan pengganti Marcelo Lippi sebagai pelatih mereka. Pilihan federasi tidak jauh-jauh dari pelatih kawakan Italia tersebut. Setelah menimbang beberapa nama, federasi akhirnya menunjuk mantan anak asuh Lippi, Fabio Cannavaro.

Penunjukan Fabio Cannavaro ini berjarak tiga bulan usai timnas Cina tersingkir dari Piala Asia 2019. Ketika itu mereka hanya mampu melewati perempat final. Hasil ini pun akhirnya membuat Lippi meletakkan jabatannya.

Nama Cannavaro tentu tidak asing bagi sepak bola Negeri Tirai Bambu. Dalam dua tahun terakhir dirinya tercatat sebagai pelatih klub raksasa Cina, Guangzhou Evergrande.

gagal di piala asia, lippi mundur dari timnas cina
zimbio.com

Pengalaman dan pengetahuannya terhadap kultur sepak bola negara Asia Timur itu membuat federasi mantap memilih pria berusia 45 tahun tersebut. Tapi seperti yang dilansir Football Italia, belum diketahui apakah posisinya sebagai pelatih tetap atau sementara saja.

Dugaan ini semakin kuat karena tidak tercantum durasi kontrak yang diterima mantan pemain Inter Milan dan Juventus tersebut. Namun, satu hal yang pasti, Cannavaro bukanlah pelatih sembarangan.

Kendati belum punya pengalaman internasional yang mumpuni, ia pernah mengangkat piala ketika melatih Guangzhou musim lalu. Saat itu tim yang berisikan beberapa bintang Eropa tersebut berhasil meraih gelar Piala Super Cina.

Terkait tugas pertamanya sebagai pelatih Lei Wu dan kolega, Cannavaro akan mulai memimpin pertandingan pada pekan depan di ajang Piala Cina melawan Thailand. Jika berhasil menang, mereka bisa saja bertemu Uzbekistan atau Uruguay di laga final.

Comments
Loading...