Liga Belgia Dihentikan, Club Brugge Dinyatakan Sebagai Juara

Football5star.com, Indonesia – Badan Liga Belgia, resmi memberhentikan kompetisi kasta teratas di Belgia pada Kamis (2/4). Penghentian ini membuat Club Brugge dinyatakan sebagai jawara dengan sisa satu pertandingan di babak normal.

Saat ini, Club Brugge memang menjadi pemimpin klasemen Liga Belgia dengan keunggulan 15 poin. Posisi dua dihuni oleh KAA Gent dengan perolehan 55 poin dari 29 pertandingan, unggul satu angka dari Charleroi yang menghuni posisi tiga.

Sebelum ditunda, Lgia Belgia masih memiliki sisa satu pertandingan lagi serta babak play-off. Namun, krisis COVID-19 di Eropa yang semakin parah membuat sisa satu pertandingan dan babak play-off dibatalkan dan Club Brugge dinyatakan sebagai tim juara.

instagram.com/clubbrugge

Apabila dilanjutkan, babak play-off akan diikuti oleh enam tim teratas di Belgia. Enam tim tersebut adalah Club Bruge, KAA Gent, Charleroi, Royal Antwerp, Standard Liege, serta K.V Mechelen.

Keberhasilan ini menjadi berkah tersendiri untuk Club Brugge. Pasalnya, mereka berhasil meraih gelar liga pertamanya semenjak musim 2017-18 lalu. Musim lalu, Brugge harus puas mengakhiri musim sebagai tim runner up.

Liga Belgia merupakan kompetisi bergengsi pertama di Eropa yang dihentikan akibat krisis COVID-19. Kompetisi bergengsi lainnya seperti Liga Inggris, Liga Jerman, dan Liga Spanyol masih ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Sejatinya, keputusan untuk memberhentikan liga ini harus mendapat persetujuan dari 24 klub peserta dua kasta teratas sepak bola Belgia. Namun, pekan lalu 17 tim sudah sepakat menghentikan kompetisi.

Club BruggeLiga Belgia