RESMI! Olimpiade 2020 Ditunda Akibat COVID-19

Football5star.com, Indonesia – Perdana mentri Jepang, Shinzo Abe, memastikan bahwa Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo akan ditunda hingga tahun 2021 mendatang. Penundaan ini dilakukan akibat wabah COVID-19 yang sedang menyerang Jepang dan seluruh dunia.

Penundaan ini dilakukan setelah Abe menghubungi Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach. Menurut Abe, Bach sangat mendukung keputusan untuk menunda gelaran Olimpiade edisi tahun 2020.

Awalnya, Olimpiade tahun ini akan digelar mulai tanggal 24 Juli 2020. Abe pun enggan mengungkapkan kapan Olimpiade di Tokyo akan digelar pada tahun 2021 mendatang.

Olimpiade 2020 - COVID-19 - Jepang - Bleacher Report
Bleacher Report

“Saya menawarkan untuk menunda Olimpiade selama satu tahun dan Presiden Bach sangat setuju dengan usulan tersebut,” ujar Shinzo Abe seperti dikutip football5star.com dari laman Football Italia.

Tak lama berselang, IOC juga mengeluarkan pernyataan resminya terkait dengan penundaan Olimpiade 2020 akibat serangan COVID-19. Dalam pernyataannya, IOC memastikan kalau Olimpiade akan digelar sebelum musim panas 2021 usai.

“Terkait dengan situasi saat ini dan informasi yang kami dapatkan dari WHO, hari ini, Presiden IOC dan Perdana Mentri Jepang, memutuskan untuk menunda ajang Olimpiade tahun ini. Turnamen akan digelar sebelum musim panas 2021 selesai demi keselamatan semua pihak,” tulis pernyataan tersebut.

Ditundanya Olimpiade membuat takkan ada ajang olah raga bergengsi yang akan berlangsung musim panas mendatang. Sebelumnya, kompetisi Piala Eropa 2020 serta Copa America 2020 sudah terlebih dahulu ditunda dan akan digelar tahun 2021 mendatang.