Ricky Yacobi Pernah Bikin Ruud Gullit Kesal

Football5Star.com, Indonesia – Semasa hidupnya, Ricky Yacobi ternyata bikin legenda Timnas Belanda, Ruud Gullit kesal saat bertandang ke Indonesia, 1987 lalu. Sebab, dalam partai itu Ricky sukses mencetak dua gol dalam laga persahabatan melawan PSV Eidhoven.

Pada 1987 silam, PSV memang berkesempatan menyambangi Indonesia sebagai salah satu tur pramusimnya. Ini adalah kali kedua mereka ke Indonesia. Sesampainya di tanah air, klub Belanda itu terlebih dahulu melawan Persib Bandung. Saat itu, Persib dibantai enam gol tanpa balas dari tim yang diisi nama-nama beken, seperti Ruud Gullit, Ronald Koeman, hingga Eric Gerets.

Baru tiga hari kemudian atau tepatnya 14 Juni 1987, PSV Eindhoven menjajal kekuatan Timnas Indonesia PraOlimpiade. Saat itu, Indonesia menjalani persiapan jelang Kualifikasi Olimpiade 1988 melawan Jepang di Seoul, Korsel,

Timnas Indonesia saat itu dilatih oleh Bertje Matulapelwa yang membawa sejumlah bintang. Sebut saja, Ricky Yacobi, Jaya Hartono, Rully Nere, hingga Ribut Waidi. Nah, dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Ricky Yacobi menjadi bintang.

Ricky Yacobi Pernah Bikin Ruud Gullit Kesal
https://twitter.com/Mah5Utari

PSV yang kala itu diunggulkan justru dibuat terkejut oleh dua gol Indonesia di babak pertama via Ricky Yacobi dan Jaya Hartono. PSV sempat berbalik unggul 3-2 di paruh kedua. Namun, Ricky Yacobi sukses menyamakan kedudukan via titik penalti menit ke-82.

Kabarnya, hasil imbang 3-3 itu membuat Ruud Gullit kesal. Sebab, Timnas Indonesia saat itu berhasil mencuri gol menit-menit akhir melalui Ricky.

“Dalam pertandingan eksibisi melawan PSSI A di Stadion Utama, Gullit tampak kesal karena berhasil ditahan oleh para pemain kita dengan skor 3-3,” tulis buku Dari Gelora Bung Karno ke Gelora Bung Karno yang disusun oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dikutip dari GoodnewsfromIndonesia.

Pada saat itu memang menjadi tahun keemasan Ricky. Bukan tanpa sebab, pada tahun yang sama, dia juga berhasil membawa Timnas Indonesia raih medali emas SEA Games. Dia juga berhasil mencetak gol di semifinal melawan Myanmar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More