Riedle: Pengembangan Usia Muda Kunci Kesuksesan Sebuah Tim

Football5Star.com, Indonesia – Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle, menekankan pentingnya pengembangan pemain muda sebagai kunci membentuk tim yang hebat. Hal ini pula yang dianggap menjadi faktor kesuksesan Timnas Jerman dan kompetisi Bundesliga.

“Sangat penting untuk membangun kualitas pemain sejak dini baik melalui akademi maupun dari kejuaraan-kejuaraan usia muda,” ujar Karl-Heinz Riedle saat pertemuan dengan awak media di Hotel Sultan, Selasa (10/10/2017).

Riedle, yang berkunjung ke Indonesia pada 7-11 Oktober 2017 dengan membawa replika Piala DFB Pokal menyebut pemain muda adalah pondasi penting setiap tim untuk menjadi yang terkuat. Di Jerman filosofi ini sudah lama ditanamkan induk sepak bolanya.

Tidak heran memang Nationalmannschaft bisa menguasai sepak bola dunia beberapa tahun terakhir. Riedle menekankan kesuksesan tersebut tidak dicapai dengan mudah. Butuh waktu lama untuk mengukir prestasi melalui sistem pembinaan pemain muda.

“Kita tahu Jerman sempat menurun setelah Piala Eropa 1996 dan regenerasi gagal dilakukan beberapa tahun kemudian. Tapi kami bisa bangkit sejak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 dan terus menghasilkan pemain berbakat,” sambungnya.

Hingga saat ini negara yang pernah pecah menjadi dua tersebut tidak pernah kehabisan bakat-bakat muda. Belum habis masa keemasan pemain saat menjuarai Piala Dunia 2014, mereka sudah memiliki generasi baru ketika mengunci gelar Piala Konfederasi 2017.

Bahkan kompetisi Bundesliga selalu menghasil pemain muda berkualitas. Tidak hanya Dortmund dan Bayern Munich saja, klub-klub lainnya juga gencar mengorbitkan penggawanya untuk tim nasional.

Comments
Loading...