Robert Alberts Heran Situasi Politik Bisa Ganggu Sepakbola di Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts heran dengan situasi politik di Indonesia yang kerap berpengaruh terhadap sepak bola. Robert menyayangkan hal itu sering kali terjadi.

Merujuk dari satu kompetisi Liga 1 2019 saja, Persib sudah beberapa kali mengalami laga yang harus ditunda. Dari tim lain, di bulan Oktober ini saja sudah banyak laga yang ditunda karena alasan politik yang sedang memanas di Indonesia.

Total ada lima partai yang dibatalkan, yakni Arema FC vs Persib, Persija Jakarta vs Persela Lamongan, dan Persebaya Surabaya vs Borneo FC, Persija vs Borneo FC dan PSM Makassar vs Persipura Jayapura.

Robert Alberts Heran Situasi Politik Bisa Ganggu Sepakbola di Indonesia
Persib.co.id

“Saya tidak tahu tentang situasi politik di negeri ini, tapi saya fokus di sepak bola, dan apapun konsekuensi yang menimpa sepak bola kami harus menerima itu,” ujar Robert Albers seperti dikutip Football5Star.com dari Ayobandung.

Pria asal Belanda itu pun heran. Pasalnya, sepakbola sejatinya adalah hiburan bagi masyarakat. Rober menyebut orang-orang datang ke stadion itu semata hanya ingin menikmati pertandingan. Untuk itu, Robert berkata bahwa sepakbola seharusnya tidak terikat dengan kondisi eksternal apapun yang terjadi.

“Apa yang harus dilakukan dengan sepakbola? Kenapa kita harus menunda pertandingan sepakbola ketika orang-orang datang ke stadion untuk menikmati sepakbola? Kita harus belajar kalau kita tidak perlu banyak polisi untuk mengamankan stadion,” papar Robert.

“Suporter juga harus mengerti, kalau mereka datang ke stadion untuk menikmati pertandingan sepak bola, bukan untuk buat keributan dengan tim lain. Dan ini adalah proses pendidikan yang harus dilalui. Kami ingin terus main bola, bebas, tidak terikat situasi politik di sebuah negara,” kata Robert.

Comments are closed.