Robert Alberts Ingin Liga 1 2020 Tetap Ada Degradasi Biar Seru

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengaku kalau Liga 1 2020 harusnya tetap menerapkan degradasi supaya seru. Dia bahkan memberikan usulan terkait mekanisme promosi-degradasi nantinya.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 rencananya akan mulai kembali dihelat pada 1 Oktober mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah mengeluarkan beberapa regulasi baru, salah satunya soal penghapusan degradasi musim ini.

Robert Alberts sebenarnya setuju saja dengan regulasi itu. Karena memang berkompetisi di tengah pandemi COVID-19 akan sangat sulit. Meski secara pribadi ingin degradasi tetap dilanjutkan.

“Kami harus memahami masalah di sepak bola Indonesia baik itu Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Kami harus melihat dari perspektif yang berbeda, (beberapa) klub tidak bisa bermain di kandang, karena pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa,” kata Robert Alberts.

Robert Alberts ingin Persib Bandung tetap mengasah diri selama penundaan Liga 1 2020.

“Jadi kami harus memahami PSSI dan LIB dan harus menerima itu. Tapi, secara pribadi, sebagai pelatih, saya menyarankan ada zona degradasi,” sambung Robert.

Pelatih asal Belanda itu jua memberikan saran soal sistem promosi-degradasi di Liga 1 2020 nantinya. Dia menyebut empat klub terbawah nantinya bisa diadu dengan empat tim teratas Liga 2 untuk menentukan peserta musim depan.

“Saran saya untuk empat klub paling bawah dan mereka akan bertanding melawan empat tim teratas dari Liga 2. Jadi nanti akan ada semacam laga play-off,” papar Robert Alberts.

Hal ini, kata dia, semata-mata untuk membuat Liga 1 2020 lebih menarik. Karena nantinya setiap klub akan berusaha menghindari poisisi tidak aman.

“Selain itu, klub dari Liga 2 juga jadi lebih bersemangat untuk masuk ke Liga 1. Tapi itu hanya masukan pribadi dari saya, jika pertarurannya tetap seperti itu maka kami tetap menerimanya dan melihat dari sudut pandang lain mengingat kondisinya sedang seperti ini sekarang,” tutup Robert Alberts.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More