Robert Alberts Minta PSSI Tak Selalu Berkiblat ke Eropa

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, merasa cukup bingung dengan PSSI yang terlalu berkiblat ke Eropa ketika akan membuat keputusan. Menurut Robert, ada beberapa kompetisi Asia yang bisa dijadikan kiblat oleh PSSI.

Dua kompetisi yang dimaksud Robert adalah Liga Vietnam serta Liga Korea Selatan. Menurutnya, kedua kompetisi tersebut bisa menjadi referensi PSSI untuk mengambil keputusan terkait kelanjutan Liga 1 2020.

“Kita harus mengacu ke negara yang lokasinya berdekatan (dengan Indonesia), seperti Vietnam dan Korea Selatan,” ungkap Robert Alberts seperti dikutip football5star.com dari laman Republik Bobotoh.

Robert Alberts - PSSI - persib.co. id 2
persib.co.id

“Mereka sudah memulai kembali kompetisi. Beberapa negara di Asia juga tengah bersiap. Jadi kita tidak perlu banyak memperhatikan Eropa. Sangat menarik mengetahui apa yang terjadi di Vietnam karena mereka berada di wilayah yang sama dengan kita (Indonesia),” kata Robert menambahkan.

Lebih lanjut, Robert juga mengatakan kalau seluruh klub harus melakukan perubahan drastis ketika Liga 1 2020 sudah kembali bergulir. Menurut Robert, perubahan harus dilakukan untuk terus menjaga kesehatan para pemain.

“Selain itu, klub harus memberi masukan suplemen kesehatan yang lebih bagus untuk pemain. Kita juga tahu pelatih Tim Nasional sudah menyarankan kepada pemain untuk melakukan diet,” tutur pelatih berusia 65 tahun itu.

Saat ini, PSSI memang sedang mengkaji beberapa opsi yang bisa diambil untuk melanjutkan Liga 1 2020. Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah, melanjutkan kompetisi pada September atau Oktober mendatang.