Robert Lewandowski Masih Berpeluang Kejar Rekor Gerd Mueller?

Football5Star.com, Indonesia – Robert Lewandowski digadang-gadang menyamai rekor 40 gol Gerd Mueller dalam semusim Bundesliga 1. Konsistensi mencetak gol bersama Bayern Munich jadi dasarnya. Ketika Bundesliga 1 kembali bergulir, keyakinan itu masih menyeruak.

Setidaknya, itulah yang diungkapkan para petinggi Bayern Munich. CEO Karl-Heinz Rummenigge mengakui misi mengejar rekor Gerd Mueller bukan hal mudah. Namun, dia yakin Robert Lewandowski adalah sosok yang dapat melakukan hal tersebut.

Setelah Bundesliga 1 digulirkan kembali, Robert Lewandowski tetap menunjukkan ketajamannya. Dia mencetak gol saat Die Roten menghadapi Union Berlin dan Eintracht Frankfurt. Namun, dia gagal meneruskan tren tersebut pada Der Klassiker melawan Borussia Dortmund.

Robert Lewandowski tak berkutik saat Bayern Munich menghadapi Borussia Dortmund.
Getty Images

Tambahan dua gol sejak kompetisi digulirkan kembali membuat Lewandowski kini mengoleksi 27 gol. Artinya, untuk menyamai rekor Gerd Mueller, dia masih butuh 13 gol. Secara matematis, karena masih ada enam laga tersisa, peluang masih ada.

Empat Faktor Penghambat

Akan tetapi, menilik beberapa faktor, sepertinya Robert Lewandowski harus melupakan kemungkinan mengemas 40 gol dalam semusim di Bundesliga 1. Pertama, tengok saja jejak Gerd Mueller saat membukukan rekor tersebut pada 1971-72. Kala itu, dia mampu mengemas 34 gol dalam 28 pekan alias enam gol lebih banyak dari koleksi Lewandowski saat ini.

Kedua, tren Lewandowski pada enam pekan pamungkas Bundesliga 1 tidaklah baik. Sejak berkiprah di Jerman pada 2010-11, dia paling banyak mencetak 5 gol. Hal itu dilakukan pada musim 2011-12 bersama Borussia Dortmund dan 2015-16 bersama Bayern Munich.

Rekor gol Robert Lewandowski pada enam laga akhir musim tidaklah gemilang
Asep/Football5Star.com

Ketiga, sepanjang berkiprah di Bundesliga 1, Robert Lewandowski tak pernah membukukan 13 gol dalam enam laga beruntun. Catatan terbaiknya adalah 10 gol. Dua kali dia mencatatkan prestasi itu, yakni pada pekan ke-6 hingga 11 musim 2015-16 dan enam pekan awal musim 2019-20.

Keempat, dari enam lawan sisa, hanya tiga yang tergolong lumbung gol Robert Lewandowski. Ketiganya adalah VfL Wolfsburg (21 gol), Werder Bremen (18 gol), dan SC Freiburg (15 gol). Sisanya, Bayer Leverkusen dan Borussia Moenchengladbach tergolong lawan sulit. Adapun Fortuna Duesseldorf bahkan belum pernah mampu dibobol dalam lima kesempatan.