Robert Lewandowski: Si Raja Gol Bundesliga

Football5star.com, Indonesia – Berbicara soal striker ganas di Bundesliga Jerman haram rasanya jika kita meninggalkan nama Robert Lewandowski. Striker milik Bayern Munich itu begitu digdaya bersama sang juara bertahan.

Gelontoran gol yang dibuat Robert Lewandowski selama ini berbanding lurus dengan prestasi yang diraih bersama klub. Borussia Dortmund merasakan betul daya magis kehadirannya di skuat saat memenangkan trofi Bundesliga dua musim beruntun pada 2010-2011 dan 2011-2012.

Lemari trofi liga kemudian ia sempurnakan ketika berbaju Bayern. Terhitung sejak musim 2014-2015 sampai sekarang gelar Bundesliga tidak pernah lepas dari genggamannya.

Berawal dari Kasta Kedua Liga Polandia

Walau begitu, kesukesan kapten timnas Polandia itu tidak diraih dengan mudah. Ia bukanlah pemain yang berasal dari negara kuat sepak bola, klub pertamanya meniti karier, Delta Warsawa, pun bukan klub mapan di Polandia.

Memulai karier sejak 2005 silam, Lewandowksi butuh waktu selama tiga tahun untuk mendapat kesempatan memperkuat klub besar. Tampil apik bersama Znich Pruszkow membuat raksasa Polandia, Lech Poznan meminangnya.

robert lewandowksi-lech poznan (poznan.sport.pl)
poznan.sport.pl

Dan benar saja, di klub pemilik tujuh gelar Liga Polandia itu performanya makin mengkilap. Catatan 41 gol berhasil ia torehkan selama dua tahun. Bahkan di musim terakhirnya ia keluar sebagai top skorer liga dengan 18 gol.

Prestasi itu pun jadi yang ketiga kali diraih Lewandowski. Sebelumnya ia dua kali dinobatkan sebagai top skorer ketika masih berseragam Znich Pruszkow yang berkompetisi di kasta kedua Liga Polandia.

Konsistensi Mencetak Dua Digit Gol

Darah top skorer sepertinya memang sudah mengalir deras di tubuh striker berusia 30 tahun tersebut. Buktinya, ketika menginjakkan kaki di Jerman ia sama sekali tidak kehilangan insting mencetak gol.

Sempat beradaptasi di tahun pertamanya bersama Dortmund, Robert Lewandowski langsung membuktikan diri sebagai calon striker mematikan di Eropa. Walau masih kalah dari perolehan gol Klaas Jan Huntelaar di musim 2011-2012 yang keluar sebagai top skorer, ia mampu mencetak 22 gol.

Jumlah itu sekaligus jadi yang terbanyak Lewandowski dalam semusim kompetisi ketika itu. tidak hanya itu, 22 gol yang ia ciptakan berhasil membuahkan trofi Bundesliga untuk Dortmund.

Robert Lewandowski, Bayern Munich vs FC Augsburg, Bundesliga
zimbio.com

Ambisi besar pemain bertinggi badan 185 cm untuk jadi striker mematikan di Eropa kemudian membuatnya memilih bergabung ke klub penguasa Jerman, Bayern Munich, musim panas 2014-2015. Keputusannya ini pun terbukti tepat.

Lima musim membela The Bavarian, dia hanya dua kali gagal menasbihkan diri sebagi top skorer. Musim 2014-2015, ia kalah bersaing dari bomber Eintracht Frankfurt, Alexander Meier. Sedangkan dua musim lalu giliran Pierre Emerick Aubameyang yang berada di atasnya.

Sementara pada musim lalu dan musim ini, nama Lewandowski tidak tersentuh di puncak daftar top skorer Liga Jerman. Setelah pada musim 2017-2018 ia tidak mengalami perlawanan berarti dari Nils Petersen, musim ini pemain berjuluk Lewi itu kembali mendapat lawan sepadan dalam diri Paco Alcacer.

Keduanya sempat kejar mengejar status top skorer sebelum akhirnya Robert Lewandowksi kembali memuncakinya dengan torehan 22 gol, atau unggul empat gol dari striker Dortmund tersebut.

Sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepak bola, pemain yang sempat diincar Real Madrid itu sudah 12 kali menyandang gelar sebagai top skorer.

Berbicara soal striker 30 tahun itu tentu bukan cuma tentang gelar top skorer dan juara saja. Dalam hal perolehan gol ia juga mampu tampil konsisten tiap tahunnya. Bayangkan saja, dalam delapan musim terakhir ia selalu sukses mencetak di atas 15 gol tiap musimnya.

Konsistensi ini pula yang membuat tidak ada satu pun pemain yang mampu menggeser peran Lewi di Bayern selama ini. Mulai dari Sandro Wagner hingga striker gaek sekelas Claudio Pizarro terpaksa angkat kaki karena tak mampu menyingkirkannya.

Comments
Loading...