Robert Lewandowski vs Paco Alcacer, Siapa Lebih Tajam di Der Klassiker?

Football5Star.com, Indonesia – Akhir pekan ini, Sabtu (6/4/2019), akan berlangsung laga Bayern Munich vs Borussia Dortmund atau biasa disebut Der Klassiker di Stadion Allianz Arena. Laga ini juga jadi pertemuan dua striker haus gol, Robert Lewandowski dan Paco Alcacer.

Selain rivalitas antara kedua tim yang memanas, laga ini sangat menentukan dalam perburuan gelar juara mengingat Bundesliga hanya menyisakan 7 pertandingan.

Melihat papan klasemen, kedua tim hanya terpaut dua poin. Sama-sama telah menjalani 27 pertandingan, Dortmund berada di peringkat teratas dengan mengoleksi 63 poin sementara Munich dengan 61 poin.

Rivalitas keduanya dimulai sejak tahun 60an, pertemuan pertama kalinya terjadi pada 16 Oktober 1965, di mana tuan rumah Bayern Munich harus mengakui keunggulan tamunya, Borussia Dortmund dengan skor 0-2.

Sejak saat itu, kedua tim telah bertemu sebanyak 119 kali. Gerd Muller merupakan pemegang daftar pencetak gol terbanyak di Der Klassiker dengan 14 gol. Menarik membahas head to head pencetak gol terbanyak kedua tim saat ini yaitu Robert Lewandowski dan Paco Alcacer.

Robert Lewandowski (Bayern Munich)

as.com

Robert Lewandowski, 30 tahun, striker yang sempat berseragam Dortmund menempati puncak daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga 1 dengan 19 gol dari 26 pertandingan. Dari seluruh pertandingan yang dijalani itu, Lewandowski bermain selama 2.329 menit.

Meski masih memuncaki daftar pencetak gol, jelang laga nanti Lewy tidak lepas dari kritik. Ia dinilai sebagai pemain yang tidak dapat mencetak gol di laga-laga besar, khususnya di Liga Champions musim lalu.

Akan tetapi, Lewy menyangkal kritikan tersebut dengan mengatakan bahwa semuanya itu tentang musim lalu. Pengkritik lupa akan penampilannya di musim-musim sebelumnya.

Dikutip dari Bavarian Football Work, ia mengatakan, “Segalanya tentang musim lalu karena tidak mencetak gol di perempat final dan semifinal Liga Champions karena masalah cedera. Selama 8 bulan, saya bermain masih dengan rasa sakit”.

“Bila melihat musim-musim sebelumnya, saya minimal mencetak satu gol di perempat final atau semifinal. Itu perbedaannya. Terkadang orang melihat apa yang terjadi kemaren, tidak melihat beberapa waktu sebelumnya,” ujarnya.

Menilik lebih dalam statistik gol Lewandowski. Rasio menit per gol striker berusia 30 ini adalah 126 menit per gol atau dapat dikatakan Lewy mencetak gol setiap 126 menit. Ia berperan 28 persen dari total gol Bayern di Bundesliga 1.

Sementara itu, di Der Klassiker, dari 28 kali tampil untuk Dortmund dan Bayern, Lewy telah mencetak 19 gol. Sebanyak 14 gol untuk Bayern dan 5 gol untuk Dortmund.

Paco Alcacer (Borussia Dortmund)

as.com

Dari kubu Borussia Dortmund, Paco Alcacer yang bersinar bersama Valencia mencoba peruntungannya di Barcelona pada 2016. Gagal bersaing dengan Luis Suarez di tim inti, Alcacer pindah ke Dortmund awal musim ini.

Alcacer mencoba menggantikan pendahulunya, Pierre-Emerick Aubameyang, yang pindah ke Liga Inggris bersama Arsenal. Dia dinilai sukses menggantikan peran Aubameyang sejauh ini. Ia mencetak 16 gol untuk Dortmund di Bundesliga 1.

Penyerang asal Spanyol ini telah tampil 21 pertandingan dengan 963 menit bermain. Rasio gol yang dimilikinya 60 menit per gol atau mencetak gol setiap 60 menit. Ia berkontribusi 24 persen gol Dortmund di Bundesliga musim ini.

Bagi Alcacer, Der Klassiker kali ini adalah edisi kedua. Sebelumnya, dia tampil saat kedua klub bertemu pada paruh pertama musim ini yang brkahir 3-2 bagi Dotmund. Dia laga tersebut, ia berhasil mencetak satu gol sekaligus sebagai penentu kemenangan timnya.

Sementara kondisi terkini Alcacer sempat diragukan dapat tampil di laga nanti. Namun, diberitakan Sportstar, menurut pelatih Dortmund, Lucien Favre, Alcacer dapat bertanding di laga nanti.

“Sulit memastikannya saat ini, tapi saya pikir Alcacer memiliki kesempatan bermain di laga nanti,” ujar pelatih berusia 61 tahun itu.

Menarik ditunggu siapa yang lebih tajam dan berkontribusi bagi klubnya di Der Klasikker akhir pekan nanti. Robert Lewandowski atau Paco Alcacer?

Comments
Loading...