Roberto Ayala Kenang Gol Ikonik Dennis Bergkamp di Piala Dunia 1998

Football5Star.com, Indonesia – Roberto Ayala, eks pemain belakang timnas Argentina, mengungkapkan kesalahan fatal yang membuat gol ikonik Dennis Bergkamp bersarang di gawang Carlos Roa pada Piala Dunia 1998. Dia mengakui telah mengambil putusan yang salah pada saat itu.

Timnas Argentina berjumpa Belanda pada perempat final Piala Dunia 1998. La Albiceleste lantas tersingkir setelah kalah 1-2 gara-gara gol ikonik Dennis Bergkamp pada menit ke-89. Menerima umpan jauh Frank de Boer, dia mengontrol bola, lalu mengecoh Roberto Ayala sebelum melepaskan tendangan dengan bagian luar kaki kanannya.

“Jika dianalisis, kesalahan bukan dalam menjaga daerah. Bukan pula dalam membaca umpan 40 meter. Saya tampil buruk pada proses gol itu,” ujar Roberto Ayala soal gol ikonik Dennis Bergkamp kepada DirectTV seperti dikutip Football5Star.com dari Infobae.

Lebih lanjut, Ayala membahas secara detail kesalahan yang dilakukannya. “Bola sebenarnya bisa saja saya buang dengan sundulan atau sapuan. Namun, saya terkejut, tak dalam posisi yang tepat,” urai sosok yang kini jadi asisten Lionel Scaloni di timnas Argentina tersebut.

Gol Bergkamp yang membuat Belanda menyisihkan Argentina itu jadi noda bagi Ayala. Hal itu juga jadi catatan khusus saat dia pindah dari Napoli ke AC Milan. Dia masih ingat betul hal yang dialaminya pada latihan perdana sebagai pemain I Rossoneri.

“Saya ingat, setelah Piala Dunia itu, Milan merekrut saya. Pada latihan pertama, (Alberto) Zaccheroni memperlihatkan rekaman video gol itu,” kata Roberto Ayala mengenang kiprahnya setelah Piala Dunia 1998.

Roberto Ayala tercatat membela timnas Argentina dalam 115 laga dari 1994 hingga 2007. Dari jumlah itu, sebanyak 10 pertandingan dilakoni pada pentas Piala Dunia. Rinciannya, 5 kali pada Piala Dunia 1998 dan 5 kali pula pada Piala Dunia 2006.