Roberto Carlos Reka Ulang Gol Spektakulernya ke Gawang Prancis

Football5Star.com, Indonesia – Stade Gerland, Lyon, 3 Juni 1997. Hari itu berlangsung laga timnas Prancis vs timnas Brasil pada pembukaan Tournoi de France. Pertandingan memasuki menit ke-21 ketika Roberto Carlos mencetak gol spektakuler lewat tendangan bebasnya.

Dari jarak sekitar 32 meter, Roberto Carlos melepaskan tendangan geledek dengan bagian luar kaki kirinya. Bola melesat melewati pagar betis para pemain timnas Prancis. Saking jauhnya, banyak yang mengira bola akan keluar dari lapangan. Namun, bola malah meliuk parabola dan menembus sisi kiri gawang yang dikawal Fabien Barthez.

Mencetak gol dengan tendangan bebas bukanlah hal asing bagi Roberto Carlos. Namun, gol itulah yang selalu muncul di ingatan banyak orang ketika mendengar namanya. Sangat ikonik, spektakuler, dan sukar dipercaya.

Berkali-kali Roberto Carlos ditanya soal cara membuat gol itu. Dia selalu kesulitan menjawab. “Saya tak tahu bagaimana saya mencetak gol itu. Saya hanya menendangnya dan bola masuk,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari The Sun pada 2017.

Reka Ulang Bersama Vitor Baia

Kamis (8/8/2019), sosok yang pernah lama membela Real Madrid itu rupanya teringat kembali gol tersebut dan coba menjelaskannya lewat sebuah reka ulang. Bukan di pertandingan resmi, melainkan saat santai bersama karibnya, Vitor Baia yang merupakan mantan kiper Barcelona.

Dalam kesempatan itu, Roberto Carlos melakukan tendangan bebas dengan bagian luar kaki kirinya dan bola melengkung ke tiang sebelah kiri gawang yang dijaga Vitor Baia. Bola melesak mulus, sementara sang kiper hanya bisa terpaku sambil takjub.

Tak terlalu persis, tapi cukup mirip dengan gol yang dibuat pada Tournoi de France 1997. Mampukah menjawab pertanyaan soal cara mencetak gol spektakuler itu? Entahlah. Satu hal yang pasti, gol tendangan bebas seperti itu hanya dapat dibuat lewat latihan keras.

Mengasah tendangan bebas memang selalu jadi menu tambahan Roberto Carlos pada setiap sesi latihan. “Aku terbiasa mengasah tendangan bebasku berkali-kali. Setelah latihan, aku akan tinggal di lapangan dan menendang bola sekuat tenaga,” ucap dia.

Comments
Loading...