Roberto Mancini: Tak Ada yang Mau Latih Timnas Italia

Football5star.com, Indonesia – Roberto Mancini sejauh ini berhasil mengembalikan kedigdayaan Italia. Dia pun bercerita ketika pertama kali menerima tawaran sebagai pelatih tim nasional.

Roberto Mancini ditunjuk sebagai pelatih Gli Azzurri 2018 lalu. Ia menggantikan posisi Gian Piero Ventura yang gagal membawa timnas ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya.

Sebelum legenda Lazio, Italia sempat diasuh Luigi Di Biagio untuk sementara waktu. Baru pada Mei 2018 mereka menunjuk Mancini. Ia mengaku saat itu tidak ada orang yang mau menerima jabatan tersebut karena melihat kegagalan timnas sebelumnya.

Roberto Mancini - Finlandia - Timnas Italia - uefa. com
uefa.com

“Ketika saya tiba, tidak ada yang ingin melatih tim nasional. Mereka bertanya pada saya dan saya menjawab ya. Banyak yang takut berada di situasi sulit, tapi sepak bola juga dibuat dari momen-momen ini dan Anda hanya perlu memiliki kepercayaan diri dan percaya pada kualitas pemain lebih muda,” kata Mancini kepada Roma TV, Kamis (21/5/2020).

“Italia selalu punya pemain bagus sepanjang sejarah dan itulah yang terjadi sampai hari ini. menang tidak pernah mudah, bahkan melawan lawan yang lebih lemah dan kami ingin melakukan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, mencoba bermain dengan baik dan melakukan yang terbaik,” imbuhnya.

Keberanian Roberto Mancini mengambil alih tugas negara ini akhirnya berbuah manis. Gli Azzurri lolos ke Euro 2020 dengan status selalu menang sepanjang babak kualifikasi.