Roma di Luar Dugaan Singkirkan Barcelona dari Liga Champions

Football5Star.com, Indonesia – Keajaiban tercipta di Stadion Olimpico ketika AS Roma menjamu Barcelona di leg kedua perempat final Liga Champions. Di luar dugaan klub ibu kota Italia ini berhasil menyingkirkan El Barca setelah memenangkan pertandingan dengan skor 3-0.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri membuat Roma tampil menekan. Bahkan tuan rumah sudah unggul melalui Edin Dzeko ketika laga baru berjalan enam menit. Bomber andalan Il Lupi ini berhasil mengelabui Marc Andre Ter Stegen untuk membuat timnya unggul.

Gol cepat itu membuat anak asuh Eusebio Di Francesco lebih bernafsu untuk melancarkan serangan. Apalagi mereka masih membutuhkan dua gol lagi untuk memastikan lolos ke semifinal.

Radja Nainggolan mendapatkan peluang emas pada menit 32 melalui tembakan kerasnya. Tapi upayanya kali ini masih bisa dimentahkan Ter Stegen. Berselang dua menit, lini pertahanan Barcelona dibuat kocar-kacir yang membuat mereka melakukan blunder di kotak terlarang.

@OfficialASRoma

Beruntung Ter Stegen masih bisa mengantisipasi bola. Hingga turun minum, keunggulan 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Serigala Ibu kota kemudian mengamuk pada babak kedua. Dua pemain yang membuat gol bunuh diri di leg pertama, Daniele De Rossi dan Kostas Manolas, menjadi pahlawan pada laga kali ini.

Berawal dari pelanggaran Gerard Pique kepada Dzeko, wasit tanpa ragu memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah. De Rossi yang maju sebagai eksekutor berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah.

Hanya membutuhkan satu gol lagi untuk lolos, Roma secara silih berganti membombardir pertahanan Barcelona. Hasilnya pada menit 82 ketika Manolas berhasil menanduk bola ke dalam gawang usai memanfaatkan tendangan pojok Cengiz Under. Skor ini pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Menang 3-0 membuat anak asuh Eusebio Di Francesco lolos ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 1983-1984 dengan agregat 4-4. Il Lupi berhak lolos karena unggul agresivitas gol tandang.

Susunan Pemain:

AS Roma (3-5-2): 1-Alisson Becker; 5-Juan Jesus, 20-Federico Fazio, 44-Kostas Manolas; 24-Alessandro Florenzi, 4-Radja Nainggolan (Stephan El Shaarawy 77’), 16-Daniele De Rossi, 6-Kevin Strootman, 11-Aleksandar Kolarov; 14-Patrik Schick (Cengiz Under 73’), 9-Edin Dzeko
Pelatih: Eusebio Di Francesco

Barcelona (4-4-2): 1-Marc Andre Ter Stegen; 2-Nelson Semedo (Ousmane Dembele 85’), 3-Gerard Pique, 23-Samuel Umtiti, 18-Jordi Alba; 8-Andres Iniesta (Andre Gomes 81’), 5-Sergio Busquets (Francisco Alcacer 85’), 4-Ivan Rakitic, 20-Sergi Roberto; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez
Pelatih: Ernesto Valverde