Koeman Akui Kesulitan Tembus Pertahanan Portugal

Football5star.com, Indonesia – Pelatih tim nasional Belanda, Ronaldo Koeman, mengakui keunggulan Portugal pada final UEFA Nations League 2019. Menurutnya, anak asuh Fernando Santos berhasil tampil lebih baik, terutama dalam hal bertahan.

Belanda menelan kekalahan 0-1 pada final UEFA Nations League yang berlangsung Senin (10/6) pagi di Estádio do Dragão. Ini merupakan final kedua beruntun Belanda yang tidak mampu mereka menangi. Sebelumnya, mereka dikalahkan Spanyol pada final Piala Dunia 2010.

“Mereka sangat mumpuni dalam bertahan, terutama setelah berhasil memimpin. Kami harus lebih cerdas dalam memaksimalkan peluang bola mati ke depannya. Harus diakui, kami tidak cukup bagus malam ini,” kata mantan manajer Southampton tersebut kepada BBC.

Koeman - Belanda - UEFA Nations League - Football5star -
uefa.com

Kekalahan ini menambah buruk catatan Belanda ketika menghadapi Portugal di kandang lawan. Dari enam pertandingan, De Oranje mencatatkan dua kali imbang dan empat kekalahan. Total, dari lima final, hanya satu yang berhasil dimenangi yakni pada Euro 1988 silam.  

Dominasi tuan rumah pada pertandingan tersebut juga terlihat dari jumlah tembakan kedua tim. Belanda baru berhasil mencatatkan tembakan pada menit ke-65. Sementara Portugal juga melakukannya 14 kali dalam kurun waktu yang sama.

Namun, kemajuan signifikan berhasil dicatatkan tim asuhan Ronald Koeman. Untuk pertama kalinya sejak 2014, Belanda menurunkan susunan pemain yang sama selama dua pertandingan beruntun. Terakhir kali hal itu terjadi adalah ketika masih ditangani Guus Hiddink.

Comments
Loading...