Biang Keladi Piala Dunia 2006 di Mata Ronaldinho

Football5star.com, Indonesia – Brasil gagal mempertahankan gelar pada Piala Dunia 2006. Mereka harus tersingkir oleh Prancis lewat gol semata wayang Thierry Henry. Mantan bintang Selecao, Ronaldinho, menyalahkan Roberto Carlos atas kejadian tersebut.

Henry berhasil mencetak gol tanpa pengawalan dari sektor kiri pertahanan Brasil. Daerah yang seharusnya menjadi wilayah operasi Carlos. Akan tetapi, justru mantan pemain Real Madrid tersebut terlihat menunduk lesu dan tidak melakukan penjagaan.

“Aku tidak mengerti apa yang dia lakukan saat itu. Bahkan aku sampai bertanya pada diriku sendiri mengapa bisa seorang pemain sepertinya berbuat kesalahan mendasar yang fatal,” kata Ronaldinho dikutip Marca.

Kekalahan tersebut membuat Brasil harus mengubur mimpi lolos ke semifinal untuk merebut gelar keenam mereka. Padahal, empat tahun sebelumnya, Ronaldinho dkk berjaya di Yokohama dengan membekuk Jerman dua gol tanpa balas di final.

Salah satu momen yang paling diingat adalah gol tendangan bebas Ronaldinho ke gawang Inggris di babak perempat final. Saat itu, ia mencetak gol dari jarak 35 meter.

Sepanjang sejarah turnamen, Brasil merupakan kontestan tersukses dengan lima gelar. Mereka meraihnya pada 1958, 962, 1970, 1994, dan 2002. Tahun ini, mereka datang ke Rusia dengan talenta-talenta baru seperi Philippe Coutinho dan Gabriel Jesus.