Rooney Tumpul karena Strategi Van Gaal

Wayne Rooney baru mencetak dua gol dari 12 penampilan di Liga Inggris musim ini. Penyerang Manchester United itu pun menuai kritik karena gagal menjadi juru gedor yang mematikan di muka gawang lawan.

Tidak hanya soal catatan gol. Rooney pun urung mencetak assist sama sekali pada musim ini. Biasanya, jika Rooney tidak mencetak gol, dia akan menjadi pelayan yang baik. Namun, kali ini Rooney seperti tak mampu melakukan keduanya.

Apa yang salah dengan Rooney? Pundit Sky Sports dan mantan pemain timnas Inggris, Matt Le Tissier, punya pandangan tersendiri. Menurut dia, Rooney menjadi tumpul pada musim ini karena strategi yang diterapkan Louis Van Gaal di Man.United.

“Rooney mungkin menderita karena Man.United mengubah filosofinya. Dari tadinya ‘kita akan memenangi semua laga karena kita punya pemain terbaik’ menjadi ‘yang terpenting adalah kita tak boleh kalah’,” papar Le Tissier.

“Dia gagal tampil baik sebab Man.United tidak menyerang dengan agresif seperti dulu, dimana mereka selalu yakin bisa mengurung lawan tak peduli siapa yang dihadapi,” lanjut dia.

Le Tissier merasa aneh Rooney tampil buruk dalam waktu yang lama. Tak hanya di Liga Inggris, di tiga kompetisi lain, Rooney pun gagal mencetak banyak gol.

“Ini mungkin kemerosotan Rooney paling lama yang pernah kita lihat. Saya tak ingat dia pernah menderita selama ini. Dia memang sesekali pernah menurun sebelumnya, tapi tidak begitu lama seperti sekarang,” pungkas Le Tissier.

Comments are closed.