Wonderkid Keturunan Indonesia Ini Diyakini Akan Sehebat Bek Manchester United

Football5star.com Indonesia – Sejak debut bersama Ajax dalam usia 17 tahun pada 19 Desember 2013, Jairo Riedewald, mulai dianggap wonderkid. Kini dalam kariernya bersama Crystal Palace, pemain keturunan Indonesia itu diyakini bisa seperti bek andalan Manchester United, Aaron Wan-Bissaka.

Kebetulan, Aaron Wan-Bissaka juga meniti karier sejak muda bersama Crystal Palace. Bedanya, bek yang baru diboyong Manchester United pada musim panas tahun lalu itu merupakan didikan akademi Palace.

Sementara, Jairo Riedewald didatangkan Crystal Palace dari klub yang mendidiknya, Ajax, dengan nilai transfer 9 juta euro pada 2017. Hebatnya, pada musim debut Riedewald sudah dipercaya tampil 15 kali meski 8 di antaranya sebagai pengganti.

Pada musim ini, Jairo Riedewald semakin sering memperoleh kepercayaan dari Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson. Hingga kompetisi Premier League dihentikan akibat pandemi COVID-19, pemain yang memiliki nenek seorang Indonesia itu tampil 12 kali dengan 4 sebagai pengganti.

Transformasi di Bawah Roy Hodgson

Oleh Roy Hodgson, Jairo Riedewald dipercaya mengisi posisi bek kiri bergantian dengan Patrick van Aanholt dan Jeffrey Schlupp. Peran itu bisa diemban dengan baik meski sebelumnya dia terbiasa bermain di posisi gelandang atau bek tengah.

“Kami tak pernah tidak terkesan dengan Jairo Riedewald dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya dia bersaing dengan lini tengah, di mana kami memiliki komposisi terkuat,” ucap Roy Hodgson dikutip Football5star.com dari Standard.co.uk.

Persaingan ketat di lini tengah itu yang membuat Hodgson lantas menggeser Jairo Riedewald ke posisi bek kiri. Hasilnya, pemain berumur 23 tahun tersebut mampu beradaptasi dengan baik.

“Sekarang dia bermain sebagai bek kiri. Dia punya kesempatan lain di posisi yang berbeda untuk menunjukkan seberapa bagus dia. Tak diragukan bahwa dia memiliki skill baik dan kami berharap bisa mengembangkannya. Kami berharap dia bisa adaptasi di posisi berbeda,” bilang mantan manajer timnas Inggris itu menambahkan.

Melihat perkembangan adaptasi dalam dua tahun lebih, Roy Hodgson pun tak ragu suatu saat nanti Jairo Riedewald bisa mengikuti jejak Aaron Wan-Bissaka.

“Aaron Wan-Bissaka beradaptasi dengan luar biasa. Dia memulai karier sebagai pemain sayap kanan. Jadi, tak ada alasan pemain tak bisa berganti posisi,” sebut Hodgson memungkasi.

aaron wan-bissakaCrystal PalaceJairo RiedewaldLiga InggrisRoy Hodgson