Rumitnya Proses Tes Medis di Persija

Football5star.com, Indonesia – Persija Jakarta belum juga memperkenalkan pemain barunya hingga memasuki pekan kedua Januari. Padahal, sekitar satu bulan mendatang, mereka sudah punya agenda berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia menghadapi Home United.

Sejauh ini, baru Bruno Matos yang diperkenalkan ke publik ibu kota. Pemain asal Brasil tersebut akan mewarisi nomor punggung 10 dari Rudi Widodo yang hengkang.

Salah satu fase krusial perekrutan pemain di sebuah klub adalah tes medis. Dokter tim, Donny Kurniawan, membeberkan secara garis besar tahapan apa saja yang harus dilewati seorang pemain ketika uji kesehatan.

Ryuji Utomo - Persija Jakarta - Football5star
yohanes/f5s

“Intinnya riwayat medis pemain bersangkutan, apakah pernah cedera, operasi, dan sebagainya, Kemudian punya penyakit tertentu dari masa kecil. Setelah itu ditelusuri riwayat kesehatan di keluarga,” papar yang juga pernah bertugas di klub bola basket, Satria Muda tersebut.

“Apakah orang tuanya ada hipertensi, jantung, diabetes dan sebagainya. Setelah beres, barulah diperiksa fisik mulai dari jantung. Per orang bisa memakan waktu satu hingga satu setengah jam,” sambungnya.

Lebih lanjut, Donny menjelaskan tim dokter tidak bisa mengambil keputusan sembarangan. Ia memaparkan, Persija punya beberapa tim medis khusus yang akan mendiagnosa dari sejumlah prinsip ilmu kedokteran.

“Persija tidak pernah menggunakan jasa satu dokter. Jadi, kami selalu menggunakan jasa satu tim. Jadi, bukan Donny aja yang mengambil keputusan,” pungkasnya.

Comments
Loading...