Ryuji Utomo Soal Resmi Gabung Penang FC: Saya ke Malaysia Bukan Jalan-Jalan!

Football5Star.com, Indonesia – Ryuji Utomo akhirnya buka suara soal kepindahannya ke Malaysia untuk main di Penang FC. Dia membawa banyak misi dalam babak baru dalam kariernya, yakni membentuk mentalitas dan pengalaman.

Seperti diberitakan sebelumnya, Persija Jakarta secara resmi mengumumkan telah melepas Ryuji ke Penang. Kepergian bek berusia 25 tahun itu ke Negeri Jiran dengan status pinjaman selama semusim penuh.

Penang FC menjadi salah satu dari sekian klub yang serius mendekati Ryuji Utomo. Tentu, sang pemain pun sangat bersemangat memulai bagian baru dalam karier sepak bolanya itu.

“Yang pasti sebagai pesepak bola profesional, saya tentu ingin berkompetisi secara reguler dan cari ilmu. Karena di karier sepak bola waktunya gak banyak, tentunya harus cari jam terbang sebanyak-banyaknya,” ungkap Ryuji Utomo dalam YouTube resmi Persija.

“Sebagai pemain asing di negara lain, saya bisa belajar banyak di situ. Saya bisa mengembangkan skill dan mental,” sambung dia.

Ryuji pun mengaku kalau di Malaysia belum sama sekali mengenal seseorang pun. Ini menurutnya akan sangat bagus karena nanti mentalitasnya akan terbentuk secara alami.

“Di manapun main mindset dan mental harus bulat. Saya ke sana bukan jalan-jalan, tapi ingin cari ilmu, pengalaman dan bermain sebaik mungkin,” tutup dia.

Ini bukan kali pertama bagi Ryuji Utomo berkarier di luar negeri. Pada 2015-2016, dia sempat menimba ilmu di klub Bahrain, Al-Najma. Musim 2017-2018 pun dia sempat hijrah ke Thailand untuk gabung PTT Rayong dengan status serupa, yakni pinjaman dari Persija.

Penang FCPersija JakartaRyuji Utomo