Saat Satu Stadion Dipakai untuk 5 Tim di Liga Uganda

Football5Star.com, Indonesia – Liga Indonesia yang memiliki banyak kekurangan mungkin masih lebih baik dibandingkan liga-liga di negara lainnya. Jika di Indonesia mungkin dalam satu stadion hanya digunakan oleh satu atau dua tim, bagaimana jadinya jika ada satu stadion yang dipakai oleh empat tim sekaligus?

Hal itu benar-benar nyata terjadi di Uganda, negara di bagian timur Afrika. Demi menjalankan roda kompetisinya, tak jarang Liga Uganda memperbolehkan untuk satu stadion digunakan oleh dua, tiga, atau bahkan hingga empat tim sekaligus.

Contohnya adalah Stadion Kaykeka, di Kota Mbarara, Uganda. Kota yang terletak sekitar 270km dari Ibukota Uganda di Kampala tersebut hanya memiliki satu stadion.

Keadaan tersebut pun membuat beberapa tim di Kota Mbarara harus berbagi waktu. Terhitung, ada empat tim yang memakai stadioin tersebut. Mereka diantaranya adalah Biharwe FC, Mbarara United, Rwampara FC, Mbarara FC, dan Nyamityobora FC.

Namun, nyatanya ada banyak klub lagi yang sama-sama memakai stadion itu. Akan tetapi, hanya empat klub tersebut yang disahkan oleh FUFA (Federation of Uganda Football Associations) atau bisa disebut sebagai PSSI-nya Uganda.

Dalam laporan terbaru yang dikutip Football5Star.com dari laman Sokafrika.com, Stadion Kaykeka baru saja mendapat renovasi di beberapa bagian bangunannya. Bahkan, stadion itu disebut sangat kotor dan tak layak untuk dihuni.

Hal tersebut membuat klub-klub yang biasa memakai Stadion Kaykeka harus rela menjadi musafir jauh untuk menggelar laga kandangnya.

Pada Liga Primer Uganda musim lalu, tercatat hanya dua tim yang memakai Stadion Kaykeka untuk laga kandangnya, yakni Mbarara City FC dan Nyamityobora FC. Namun mereka terusir setelah stadion itu dinyatakan tidak layak. Akan tetapi FUFA memasikan kedua tim itu sudah boleh main di Stadion Kaykeka lantaran sudah mendapat renovasi.

Comments
Loading...