ANALISIS: Saatnya Man. United Percayakan Penalti kepada Rashford

Football5Star.com, Indonesia – Hasil kurang bagus diraih Manchester United pada pekan ke-2 Premier League 2019-20. Bertandang ke markas Wolverhampton Wanderers, Marcus Rashford cs. hanya menuai hasil imbang 1-1 gara-gara kegagalan penalti Paul Pogba.

Kegagalan menjebol gawang Wolverhampton dari eksekusi penalti jadi pukulan tersendiri bagi Paul Pogba. Posisinya sebagai eksekutor utama penalti di Manchester United mulai dipertanyakan. Apalagi, sepekan sebelumnya, Marcus Rashford menunaikan tugas serupa dengan baik saat melawan Chelsea.

Paul Pogba saat gagal mengeksekusi penalti dengan baik pada laga Manchester United vs Wolverhampton Wanderers.
independent.co.uk

Menilik statistik, Paul Pogba sebenarnya terbilang bagus dalam mengeksekusi penalti. Di level senior, dia sukses membuat gol dalam 9 dari 13 eksekusi penalti pada berbagai ajang. Artinya, akurasi eksekusinya mencapai 69%. Itu tidaklah buruk mengingat tekanan besar yang dihadapi dalam menjalankan tugas tersebut.

Akan tetapi, bila dibandingkan Marcus Rashford, statistik pemain timnas Prancis itu jadi tak berarti. Pasalnya, sang striker timnas Inggris hingga saat ini belum pernah merasakan kegagalan mencetak gol dari titik putih.

Sepanjang kariernya, Marcus Rashford telah mengeksekusi enam penalti, baik bersama klub maupun timnas Inggris. Hasilnya, tak satu pun yang meleset ataupun ditepis kiper lawan.

Marcus Rashford dengan baik mengeksekusi penalti saat Manchester United melawan Chelsea.
timesofmalta.com

Dari segi pengalaman, tentu saja Marcus Rashford masih kalah dari Paul Pogba. Di level senior, dia baru mengeksusi tiga penalti. Namun, satu hal yang patut dicatat, tiga kiper yang ditaklukaannya adalah Gianluigi Buffon, Jasper Cillessen, dan Kepa Arrizabalaga. Itu membuktikan kematangan dan ketenangan pemain berumur 21 tahun tersebut saat mengeksekusi penalti.

Legenda Manchester United, Gary Neville, sudah terang-terangan tak suka melihat Paul Pogba mengeksekusi penalti. Lebih jauh, dia mengkritik sikap manajer Ole Gunnar Solskjaer yang tak secara tegas menunjuk eksekutor utama penalti di Manchester United.

“Mengapa harus ada perdebatan soal siapa yang akan mengambil penalti? Itu seharusnya tak terjadi. Pogba telah mengambil penalti dan beberapa kali gagal. Jadi, saya kira kesempatannya sudah habis. Rashford pekan lalu berhasil. Jadi, biarkan dia yang mengambil penalti,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Sky Sports.

Comments
Loading...