Sah! Karanggayam Milik Persebaya, Bukan Pemkot Surabaya

Football5Star.com, Indonesia – Persebaya Surabaya akhirnya dinyatakan menjadi pemilik sah Mes Karanggayam usai keluarnya keputusan dari Pengadilan Tinggi. Hal ini sekaligus mengakhiri kasus sengketa Lapangan Persebaya di Jl Karanggayam No 1 itu.

Sebelumnya, kubu Bajul Ijo sebenarnya sudah menang dalam putusan di Pengadilan Negeri Surabaya per 10 Maret 2020. Tak puas dengan putusan Pengadilan Negeri, Pemkot dan Kantor Pertanahan Surabaya mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi.

Namun demikian, banding yang diajukan Pemkot Surabaya ditolak dalam amar putusan nomor 416/PDT/2020/PT SBY. Dalam keputusannya, Pengadilan Tinggi menguatkan putusan Pengadilan Negeri Surabaya nomor 947.Pdt.G/2019/PN Sby, 10 Maret 2020. Pengadilan Tinggi juga mewajibkan Pemkot dan Kantor Pertanahan Surabaya II membayar biaya perkara sebesar Rp 150 ribu.

Persebaya Menangkan Gugatan Sengketa Lapangan dan Wisma Karanggayam

Itu berarti sertifikat hak pakai nomor: 5/kelurahan Tambaksari, seluas 49.400 M2 yang tertulis atas nama Pemkot diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Surabaya, 28 Maret 1995, dinyatakan tidak sah. Persebaya lantas dinyatakan sebagai pihak yang berhak dan mempunyai prioritas untuk mendapatkan hak atas tanah di lapangan Karanggayam.

Namun demikian, dirilis laman resmi Persebaya Surabaya, tuntutan manajemen soal ganti rugi sebesar Rp 700 juta atas kerusakan fasilitas tak dikabulkan. Tentu, pihak Bajul Ijo menyambut baik hasil ini.

“Ya, saya juga sudah baca. Permohonan banding mereka (Pemkot Surabaya) ditolak. Pengadilan Tinggi menguatkan keputusan pengadilan pertama. Alhamdulilah. Saya sekarang menunggu surat resminya,” kata Kuasa hukum Persebaya, Yusron Marzuki dalam laman resmi klub.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More