SAH! Serie A Dinobatkan Sebagai Liga Terbaik di Dunia

Football5star.com, Indonesia – Kerap dianggap liga yang membosankan, Serie A justru dinobatkan sebagai liga terbaik dunia pada tahun 2020. Kasta tertinggi Italia ini mengungguli Premier League yang selama ini justru dicap sebagai kompetisi terbaik.

Serie A jadi yang terbaik dunia menurut International Federation of Football History and Statistics (IFFHS). Ini jadi capaian mengesankan untuk sepak bola Italia mengingat ini pertama kalinya dalam 14 tahun terakhir Liga Italia kembali ke posisi puncak.

Sepanjang 2020, kasta tertinggi Italia menyumbang 1026 poin. Perolehan poin ini didapat dari tiga klub yang berada dalam jajaran tujuh klub terbaik dunia.

Adapun Premier League berada di posisi kedua dengan 1003 poin. Yang menjadi perhatian adalah Liga Brasil yang merangsek ke posisi ketiga. Kompetisi negeri Samba mengungguli dua kompetisi beken Eropa lainnya seperti LaLiga Spanyol dan Bundesliga Jerman.

Sementara bagi Serie A, ini bukan kali pertama mereka dinobatkan sebagai liga terbaik dunia. Liga Italia pernah mendominasi sebagai yang terbaik dari 1991 hingga 2006 silam.

Akan tetapi, pamor Liga Italia terus merosot seiring masalah Calciopoli yang menerpa 2005 lalu. Tapi secara perlahan Italia mulai bangkit.

Musim ini Serie A merupakan liga paling produktif di lima kompetisi top Eropa. Bersama Bundesliga, mereka berhasil mencetak 1,51 gol perlaga.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More