Wasit Liga Inggris Mengaku Dirinya Gay

Football5star.com, indonesia – Salah satu wasit Liga Inggris, Ryan Atkin, mengutarakan secara umum bahwa dirinya merupakan seorang gay. Ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah sepak bola Inggris tentang wasit yang mengungkapkan orientasi seksualnya.

Atkin mengatakan bahwa seorang gay tidak masalah apabila menjadi pengadil lapangan. Dalam peraturan sepak bola, juga tidak ada aturan yang melarang seseorang dengan orientasi seksual tertentu untuk menjadi wasit.

“Menjadi gay tidak masalah dalam konteks wasit pertandingan sepak bola. Tapi jika saya berbicara tentang persamaan dan keragaman, maka saya akan menyebutkan bahwa saya gay karena itu relevan,” ungkap Atkin dikutip dari The Guardian, Kamis (10/8/2017).

“Homofobia masih menjadi masalah, tapi segala sesuatunya membaik setiap saat. Anda bisa mengubah permainan dan budaya saat Anda berubah pikiran,” harapnya.

Pihak otortitas sepakbola Inggris, FA, menyambut positif keputusan salah satu wasitnya itu. Menurut mereka, tindakan Atkin itu menandakan sepak bola memang terbuka bagi kalangan manapun.

“Pernyataan Ryan menandai momen penting dalam permainan dan memperkuat fakta bahwa wasit benar-benar terbuka untuk semua orang,” ujar Neale Barry selaku kepala pengembangan wasit FA, Kamis (10/8/2017).

Sebenarnya pada 1973 ada salah satu wasit Liga Inggris, Norman Red,  yang juga mengungkapkan orientasi seksualnya. Namun, Hal itu ia publikasikan hanya melalui surat kabar Gay News. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut tak mengganggu profesionalitasnya sebagai wasit. Namun, kehidupannya di luar lapangan berbeda karena dipenuhi dengan teror dari masyarakat.

 

Comments
Loading...