Salihamidzic Kembali ke Bench Bayern

Football5Star.com, Indonesia – Satu dekade berselang dari kali terakhir berada di skuat Bayern Munich, Hasan Salihamidzic dipastikan kembali. Mulai musim 2017-18, pria asal Bosnia-Herzegovina tersebut akan kembali berada di bench. Itu dipastikan lewat penunjukan dirinya sebagai direktur olahraga baru pada Senin (31/7/2017). Dia dikontrak hingga 2020.

Sebagai direktur olahraga, Salihamidzic akan berperan sebagai penghubung antara tim dan manajemen. Musim lalu, posisi itu kosong seiring putusan Matthias Sammer mundur dengan alasan kesehatan. Meski Ancelotti tak mempermasalahkan, ketiadaan direktur olahraga tetap menjadi beban bagi manajemen Die Roten.

“Dia harus menjadi jembatan antara tim dan pelatih dan manajemen. Dia juga harus mengurusi pemanduan bakat dan tim junior,” ungkap CEO Karl-Heinz Rummenigge seperti dikutip TZ. Soal fungsi Brazzo dalam transfer pemain, Kalle menyebutkan direktur olahraga akan disupervisi oleh Direktur Teknik Michael Reschke. “Dalam setiap negosiasi, dia (Brazzo) akan terlibat juga.”

Salihamdizic bukanlah pilihan utama. Sebelumnya, Rummenigge dan Presiden Uli Hoeness menginginkan Philipp Lahm. Namun, bek kanan yang baru saja pensiun itu memilih menjauh dulu dari sepak bola. Lalu, Bayern pun sempat membidik mantan pemain Bayern Amatir, Max Eberl. Namun, dia memilih bertahan sebagai Direktur Olahraga Borussia Moenchengladbach.

Bukan Pilihan Darurat

Meski begitu, Hoeness merasa Brazzo pilihan yang tepat. “Dia memang bukan Lahm, bukan pula Max Eberl. Namun, dia adalah orang yang dipercaya oleh para pemain, manajemen, dan fans,” tutur Hoeness. “Kadang kala, solusi lebih baik memang datang belakangan.”

Mengenai statusnya yang bukan pilihan utama, Brazzo pun tak minder. “Saya tidak menganggap diri sebagai solusi darurat,” kata dia. “Ketika ditawari pada pekan lalu, saya langsung menyadari bahwa saya menginginkannya. Itu karena Bayern adalah klub istimewa bagi saya. Saya akan selalu siap 24 jam, tujuh hari sepekan untuk para pemain dan pekerjaan saya.”

Mantan pemain Hamburg, Wolfsburg, dan Juventus itu juga tak mempermasalahkan putusan manajemen tak memasukkannya ke jajaran direksi. Sambil tertawa, dia mengatakan, hal itu mungkin bisa terjadi pada dua atau tiga tahun ke depan. Sesuai janji Rummenigge, Brazzo memang tetap punya peluang masuk ke jajaran teras bila menunjukkan kerja yang baik dan memuaskan.

Salihamidzic bukan satu-satunya mantan pemain yang dipanggil pulang oleh Bayern jelang musim baru ini. Sebelumnya, Juni lalu, eks bek kanan Willy Sagnol direkrut sebagai asisten Ancelotti. Itu dilakukan karena Paul Clement pada pertengahan musim lalu hengkang ke Swansea City. Lalu, pada akhir musim, Hermann Gerland dialihtugaskan ke Bayern Campus, akademi Bayern yang baru.