Samai 9 Kemenangan Beruntun, Mancini Lebih Hebat dari Pozzo?

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan besar 5-0 yang dibukukan timnas Italia di kandang Liechtenstein, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB, punya arti tersendiri bagi Roberto Mancini. Kemenangan itu membuat dia menyamai rekor 9 kemenangan beruntun Vittorio Pozzo yang telah bertahan 80 tahun.

Sejak 1939, tak ada pelatih timnas Italia yang mampu membukukan 9 kemenangan beruntun. Total, 26 pelatih sebelum Roberto Mancini gagal menyamai rekor Vittorio Pozzo. Tidak juga para pelatih legendaris macam Ferruccio Valcareggi, Enzo Bearzot, Giovanni Trapattoni, dan Marcello Lippi.

Roberto Mancini memang tak terlalu peduli soal rekor tersebut. Dia berseloroh, jika harus dibandingkan dengan Vittorio Pozzo, dia masih harus mengejar dua gelar juara Piala Dunia. Seperti diketahui, Vittorio Pozzo adalah pelatih timnas Italia saat juara Piala Dunia 1934 dan 1938.

Piala Dunia memang jadi pembeda mendasar Vittorio Pozzo dari Roberto Mancini. Sebanyak empat dari 9 kemenangan beruntun yang dibukukannya merupakan hasil di Piala Dunia 1938. Sementara itu, sembilan kemenangan diraih Mancini hanya pada Kualifikasi Piala Eropa dan persahabatan.

Roberto Mancini Unggul dalam Bertahan

Dari sisi produktivitas, tim asuhan Roberto Mancini bisa dikatakan sama dengan tim yang ditangani Vittorio Pozzo. Pada rentang Mei 1938 hingga Maret 1939, Gli Azzurri asuhan Pozzo membukukan 27 gol. Sementara itu, tim asuhan Mancini saat ini menorehkan 26 gol dalam sembilan laga.

9 Kemenangan Beruntun Timnas Italia
Asep/Football5Star.com

Akan tetapi, soal membukukan setidaknya 4 gol dalam satu laga, Mancini kalah dari Pozzo. Timnya saat ini hanya dua kali melakukannya, yakni 6-0 dan 5-0 atas Liechtenstein. Adapun Pozzo sempat membawa Gli Azzurri menang 6-1 atas Belgia, 4-0 atas Yugoslavia, dan 4-2 atas Hungaria. Kemenangan 4-2 atas Hungaria bahkan diraih pada final Piala Dunia 1938.

Meskipun demikian, soal pertahanan, timnas Italia di tangan Roberto Mancini lebih unggul. Dalam 9 kemenangan beruntun yang dibukukan saat ini, timnas Italia hanya kebobolan 3 gol. Mereka juga tak pernah kebobolan lebih dari satu gol dalam satu laga, dan enam kali clean sheet.

Catatan itu lebih baik dari era Vittorio Pozzo. Pada 9 kemenangan beruntun yang dibukukan pada 1938-39, Gli Azzurri kebobolan 8 gol, dua kali kebobolan 2 gol, dan hanya 3 kali clean sheet.

Comments
Loading...