Samai Rekor, TIRA Persikabo Tak Lebih Baik dari Persipura

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah catatan manis dibuat PS TIRA Persikabo, Jumat (2/8/2019). Kemenangan 2-0 di kandang PSIS Semarang membuat tim asuhan rahmad Darmawan tak terkalahkan dalam 12 laga awal Liga 1 2019. Itu menyamai rekor Persipura Jayapura pada Liga Super Indonesia 2010-11.

Meskipun sanggup menyamai rekor tak terkalahkan pada awal musim, TIRA Persikabo tak dapat menepuk dada terlalu kencang. Pasalnya, catatan mereka ternyata masih lebih buruk dari Persipura saat melakukan hal serupa pada 2010-11.

Persipura Jayapura punya statistik lebih baik saat membukukan 12 laga awal tanpa kekalahan pada Liga Super Indonesia 2010-11.
Instagram @tabloid_bola

Statistik dalam 12 laga tanpa kekalahan yang diraih kedua tim sangat jelas menunjukkan TIRA Persikabo tak sekeren Persipura. Pada awal musim 2010-11, Tim Mutiara Hitam membukukan 10 kemenangan dan 2 hasil imbang. Sementara itu, The Army hanya mengemas 7 kemenangan dan 5 kali imbang.

Perbandingan Gol dan Kebobolan

Soal produktivitas, Persipura yang kala itu ditangani Jacksen F. Tiago juga jauh lebih unggul. Dalam 12 laga awal tak terkalahkan, Boaz Solossa dkk. menorehkan 39 gol. Dalam 7 pertandingan, mereka bahkan selalu mencetak setidaknya 3 gol.

Catatan itu unggul jauh dari tim asuhan Rahmad Darmawan yang saat ini hanya 27 kali menjebol gawang lawan dan hanya empat kali mencetak 3 gol atau lebih dalam sebuah pertandingan. Tak hanya itu, mereka pun sempat gagal mencetak gol kala berhadapan dengan PSM Makassar.

Di sektor pertahanan, The Army lagi-lagi inferior dari Tim Mutiara Hitam. Gawang yang dikawal Angga Saputra dan Teguh Amiruddin kebobolan 13 gol dalam 12 pertandingan. Itu empat gol lebih banyak dari yang bersarang di gawang tim asuhan Jacksen F. Tiago pada musim 2010-11. Dalam hal clean sheet, The Army saat ini hanya tiga kali, sedangkan Tim Mutiara Hitam pada 2010-11 melakukannya sebanyak empat kali.

Terlepas dari fakta itu, pencapaian TIRA Persikabo yang tak terkalahkan dalam 12 laga awal Liga 1 2019 tetaplah prestasi besar. Bahkan, andai mampu melanjutkan tren tersebut saat melawat ke kandang Barito Putera, 7 Agustus nanti, rekor terlama tak terkalahkan pada awal musim resmi menjadi milik mereka.

Comments
Loading...