Sander Westerveld Ungkap Penyebab Kariernya di Belanda Tak Cemerlang

Football5star.com, Indonesia – Mantan kiper Liverpool, Sander Westerveld mengungkap ceritanya di tim nasional Belanda yang tak pernah cemerlang. Menurut Westerveld, persaingan menjadi kiper utama di eranya sangat ketat.

Westerveld mengaku cemburu dengan kiper AZ, Marco Bizot dan kiper Norwich, Tim Krul yang mendapat kesempatan untuk membela Belanda di dua pertandingan melawan Spanyol dan Bosnia.

getty images

“Saya sedikit cemburu. Jika saya mendapatkan kesempatan itu sekarang, saya akan memainkan lebih dari enam pertandingan internasional. Saya di belakang Edwin van der Sar,” ucap Westerveld seperti dikutip Football5star.com dari NOS Sport, Sabtu (14/10/2020).

“Saya terkadang membicarakannya dengan kiper lain dari waktu saya. Kemudian Anda memiliki sepuluh kiper yang bisa bermain untuk Belanda. Tidak hanya Van der Sar, Anda juga memiliki Ruud Hesp, Ed de Goeij, Edwin Zoetebier, Patrick Lodewijks, Sander Boschker, dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Soal persaingan kiper di Belanda saat ini diakui oleh mantan pelatih kiper Belanda, Frans Hoek memang tidak seperti di era Westerveld. Menurutnya dulu Belanda memiliki cukup banyak pilihan kiper.

“Kami tidak lagi memiliki orang nomor satu yang tidak perlu dipersoalkan seperti zaman Edwin van der Sar,” kata Hoek.

“Tidak ada yang benar-benar menonjol. Sebenarnya, posisi penjaga gawang di Belanda cukup terbuka,” tambahnya.

Karier pertama Westerveld di mulai saat membela Twente. Kariernya mulai dilirik banyak klub Eropa saat ia main di Vitesse. Pada 1999, ia direkrut oleh Liverpool. Bersama The Reds, Westerveld mampu merai banyak gelar salah satunya Piala UEFA dan Piala Super Eropa.

BelandainternasionalLiverpoolSander Westerveld