Santos: Messi Masih Butuh 447 Gol Lagi untuk Samai Rekor Pele

Football5Star.com, Indonesia – Lionel Messi baru saja berhasil mengalahkan rekor pencetak gol terbanyak untuk satu klub yang dimiliki Pele. Tapi, klub Pele, Santos, mengatakan bahwa Messi masih butuh 447 gol lagi untuk samai rekor Pele.

Messi mencetak gol ke-644 nya bersama Barcelona minggu lalu melawan Real Valladolid, mengalahkan 643 gol yang dimiliki Pele bersama Santos.

Tapi Santos mengatakan bahwa Pele sebenarnya mencetak 1091 gol sepanjang kariernya dan seharusnya gol di laga persahabatan juga dihitung. Alasan mengapa Santos minta gol di laga persahabatan dihitung karena laga itu tetap saja merupakan laga yang dimainkan dengan peraturan resmi.

Lionel Messi - MLS - Barcelona - Eurosport
CBS Sports

“Argumen beberapa analis adalah bahwa begitu banyak dari 448 gol yang dicetak dalam laga persahabatan ini berada di depan lawan yang rapuh, seperti tim kecil atau tim regional. Tetap saja, pertandingan itu dimainkan dengan seragam resmi, dengan aturan resmi permainan,” tulis pernyataan Santos.

Klub asal Brasil itu melanjutkan, “Mempertimbangkan atribut subjektif, seperti kekuatan lawan, tidak ideal untuk mengumpulkan data statistik. Angka-angka itu mutlak. Sebuah gol melawan Eibar bernilai sama, secara statistik, dibandingkan dengan yang dicetak melawan Valencia. Gol yang dicetak melawan Transvaal (klub Suriname) punya nilai yang sama dengan melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu.”

Tapi, walaupun Santos tak terima dengan rekor Lionel Messi, Pele sendiri sudah mengucapkan selamat kepada pemain Argentina itu.

“Selamat atas catatan sejarahmu, Lionel. Namun yang terpenting, selamat atas karier indah Anda di Barcelona. Cerita seperti kami, mencintai klub yang sama begitu lama, sayangnya akan semakin langka di sepakbola. Aku sangat mengagumimu, Lionel Messi,” ucap Pele seperti dilansir Football5Star.com dari akun Instagramnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More