Satgas COVID-19 Minta Polri Pertimbangkan Izin Liga 1 2020

Football5Star.com, Indonesia – Satgas COVID-19 meminta Polri mempertimbangkan izin buat Liga 1 2020 sesuai zonasi. Apalagi, PSSI dan para klub juga sudah menyusun protokol-protokol kesehatan andai kompetisi bisa dilanjutkan.

Seperti diketahui, sebenarnya PSSI memutuskan untuk melanjutkan Liga 1 2020 per November mendatang usai bertemu dengan para klub. Tapi masalahnya, keputusan itu tak akan berarti karena kepolisian pun sampai saat ini belum menurunkan izin keramaian buat kompetisi.

Koordinator tim pakar dan juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, menyebut kalau izin Liga 1 bisa dipertimbangkan dengan status zonasi. Memang, kata Wiku, perlu adanya kepatuhan seluruh komponen untuk benar-benar menjaga protokol kesehatan.

“Dalam pelaksanaan Liga 1 2020, perlu adanya kepatuhan dari seluruh komponen penyelenggara sepak bola, atau seluruh yang terkait dengan sepak bola, federasi, klub hingga suporter,” ujar Wiku dikutip dari Goal.

“PSSI sejauh ini telah menyusun protokol kesehatan untuk pertandingan sepakb ola dengan melibatkan ahli medis, dan juga sudah menganggarkan biaya untuk swab test,” sambung dia.

Pertimbangan agar Liga 1 2020 dilanjutkan juga sudah adanya protokol kesehatan jelas dan tertulis dari PSSI, LIB, dan klub. Memang setelah itu, PSSI yang harus mengurus izin kepada Polri.

“Terkait izin pertandingan sepak bola, perlu adanya koordinasi lebih lanjut antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru dengan pihak kepolisian, dan mempertimbangkan status zonasi di mana pertandingan sepak bola tersebut akan dilakukan. Perlu diingat juga, keputusan penundaan yang dilakukan untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama,” tutup dia.

Liga 1 2020PSSIPT Liga Indonesia Baru