Satu Tribun Old Trafford Resmi Bernama Sir Bobby Charlton Stand

Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, pernah berujar: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”. Ternyata, hal tersebut juga diterapkan oleh salah satu klub raksasa Premier League, Manchester United (MU). Demi menghormati jasa pahlawan pada masa lalu, Sir Bobby Charlton, MU lantas mengabadikannya menjadi nama salah satu tribun di Stadion Old Trafford.

Jelang pertandingan melawan Everton yang dimenangi MU dengan skor 1-0, Minggu (3/4), tribun Sir Bobby Charlton diresmikan di south stand Old Trafford. Peresmian itu pun mendapat sambutan meriah dari para suporter MU yang lantas membentangkan spanduk bertuliskan nama pahlawan timnas Inggris pada Piala Dunia 1966 itu.

Charlton sekaligus mengikuti jejak manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson, yang sudah lebih dulu diabadikan menjadi nama north stand Old Trafford. Peresmian tribun Sir Bobby Charlton sekaligus menandai keberadaannya selama 60 tahun di dalam klub. Selama masih aktif bermain membela Red Devils, Charlton memiliki rekor apik, mencetak 249 gol dri 758 penampilan.

Bersama MU, Charlton merasakan masa kejayaannya. Dia juga menjadi salah satu anggota tim legendaris MU, Busby Babes, yang selamat dalam tragedi kecelakaan pesawat di Munich pada 1958. Dua bulan sejak tragedi itu, Charlton merasakan debut bersama timnas Inggris hingga sukses menjuarai Piala Dunia 1966 di tanah sendiri. Tahun yang sama ketika dia sukses menyabet penghargaan Ballon d’Or.

Di level klub, Charlton sukses memenangi tiga gelar juara liga, satu Piala FA, dan memimpin MU kala menjuarai European Cup pada 1968. Lima tahun setelahnya, dia meninggalkan MU untuk menerima tugas menjadi manajer Preston North End. Namun, dia memutuskan kembali ke MU sebagai direktur pada 1984. Dia turut berperan dalam penunjukkan Ferguson sebagai manajer MU.

Kini, kedua nama tersebut akan abadi di Old Trafford. Nama Ferguson terpampang di north stand, sedangkan Charlton di south stand.

Comments
Loading...