Sea Games 2017: Head To Head vs Filipina, Indonesia di Atas Angin

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-23 Indonesia akan bertemu Filipina pada laga kedua Grup B SEA Games 2017 di Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (17/8/2017). Garuda Muda bertekad meraih poin penuh untuk dapat membuka peluang lolos ke babak selanjutnya. Misi dipermudah dengan fakta bahwa Indonesia unggul head to head lawan Filipina.

Kemenangan tentunya menjadi kado manis bagi Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus. Jika melihat dari statistik, Indonesia memang pantas optimistis bisa menang mudah atas Filipina. Total tujuh kali kedua tim ini bertemu di Sea Games. Indonesia meraih enam kali kemenangan dan satu kali seri saat pertemuan pertama mereka pada Sea Games 1977 di Kuala Lumpur.

Pertemuan terakhir keduanya dalam turnamen olahraga tertinggi di Asia Tenggara tersebut adalah pada Sea Games 2015 yang berlangsung di Singapura. Kala itu indonesia menang 2-0 di Stadion Jalan Besar, Singapura.

Filipina patut mewaspadai gelandang Indonesia, Evan Dimas. Pasalnya, pemain asal Surabaya itu menjadi pencetak dua gol ke gawang mereka pada Sea Games 2015. Saat ini ada tiga pemain timnas yang dalam turnamen dua tahunan itu sebelumnya masuk kedalam skuat saat ini yakni, Evan Dimas, Muhammad Hargiyanto, dan Hansamu Yama.

Sedangkan Filipina ada Julian Marano Clarino, Daniel Bernan Gadia, Richard Jr Talaror, Jaime Vicenzo Cheng, Nathaniel Ace Villanueva. Pelatih mereka saat Sea Games 2015, Marlon Moro juga masih dipertahankan hingga saat ini.

Meski secara statistik kalah jauh, The Azkals Muda tetap pede hadapi Indonesia. mereka baru saja menang 2-0 atas Kamboja di laga pertama. Pelatih mereka pun kabarnya telah memahami permainan Garuda Muda. Filipina juga bisa memanfaatkan spirit di tahun 1977 kala mereka bisa menahan imbang 1-1 Indonesia di tempat yang sama.

Bicara prestasi, Indonesia menang jauh ketimbang lawannya itu. Sejak 1959 turnamen ini diadakan, Indonesia dua kali meraih emas yaitu pada 1987 di Jakarta dan 1991 di Manila. Sedangkan Filipina adalah menjadi semi finalis pada 1991 di negaranya sendiri.

 

Comments
Loading...