SEA Games 2019: Myanmar Raih Perunggu, Kamboja Ukir Rekor Dunia

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan perebutan medali perunggu SEA Games 2019 antara Myanmar vs Kamboja di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019) berhasil dimenangkan oleh tim berjuluk The White Angles. Myanmar sukses menang atas Kamboja lewat babak adu penalti.

Pada babak pertama, Kamboja langsung unggul cepat lewat gol yang dicetak oleh Sieng Chanthea pada detik ke-18 setelah wasit meniupkan peluit pertandingan. Tertinggal satu gol, Myanmar berusaha membalas.

Gol dari Sieng Chanthea ini membuat namanya masuk dalam jajaran salah satu pencetak gol tercepat di dunia. Rekor gol tercepat di dunia masih dipegang oleh striker Turki Hakan Sukur di Piala Dunia 2002 pada detik ke-11.

Myanmar tak butuh waktu lama untuk bisa menyamakan kedudukan. Pada menit ke-9, Aung Kaung Mann berhasil membuat gawang Kamboja bergetar. Skor kembali imbang 1-1. Pada menit ke-26, Aung Kaung Mann hampir membuat Myanmar unggul tapi sayang sepakanya masih melebar.

Di pertengahan babak pertama, Myanmar makin di atas angin. Duet Aung Kaung Mann dan Ouk Sovann membuat pertahanan Kamboja luluh lantak. Hasilya pada menit ke-31, Myat Kaung Khant membuat Myanmar berbalik unggul 2-1 lewat free kick. Skor 2-1 bertahan di babak pertama.

Pada babak kedua, Kamboja belum menyerah untuk bisa menyamakan kedudukan. Anak asuh dari Felix Dalmas itu berusaha terus membongkar pertahanan dari Myanmar.

Hasilnya baru tercipta pada menit ke-73. Berawal dari pelanggaran pemain Myanmar, pemain Kamboja bernomor punggung 14, Keo Sokpheng yang menjadi eksekutor berhasil melesakkan bola ke gawang Myanmar. Skor 2-2 bertahan hingga babak kedua usai.

Karena tidak menggunakan babak tambahan waktu, pertandingan pun dilanjutkan lewat babak adu penalti. Di dua penendang pertama, kedua negara berhasil menjalan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Pun di dua penendang kedua, Lwin Moe berhasil mencetak angka. Sayangnya pada penalti terakhir, kapten Kamboja Keo Sokpheng gagal menyarangkan bola. Myanmar pun menang 5-4 di babak adu penalti dan meraih perunggu SEA Games 2019.

Susunan pemain Myanmar vs Kamboja:

Myanmar: 18-Sann Sat Naing; 2-Win Moe Kyaw, 5-Ye Yint Aung, 3-Ye Min Thu, 12-Aung Wunna Soe; 6-Hilaing Bo Do, 8-Myat Kaung Khant, 15-Aung Naing Win, 19-Htet Phyoe Wai, 20-Nay Moe Naing, 7-Lwin Moe Aung.

Kartu kuning:

Kartu merah:

Pelatih: Velizar Emilov Popov

Kamboja: 22.Keo Soksela, 2. Ken Chansopheak, 13. Ouk Sovann, 15. Yue Safy, 19. Chheng Meng, 11. Sin Kakada, 7. Mao Piseth, 8. Orn Chanpolin, 14. Keo Sokpheng, 17. Sieng Chantea, 23. Sin Sophanat.

Kartu kuning:

Kartu merah:

Pelatih: Felix Dalmas

Comments
Loading...