5 Pemain Afrika Tersukses di Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Barcelona secara resmi mengamankan tanda tangan Kevin-Prince Boateng. Pemain asal Ghana tersebut dipinjam dari tim asal Italia, Sassuolo hingga akhir musim ini.

Masuknya Boateng menambah daftar pemain asal Afrika yang mengadu nasib bersama Blaugrana. Ini memang bukan pertama kalinya Barca mengambil pemain dari Benua Hitam untuk memperkuat timnya.

Sejarah mencatat, ada sejumlah nama yang pernah memperkuat Barca dan sukses. Beberapa lain sayangnya gagal menorehkan prestasi signifikan sehingga namanya pun seolahh asing didengar.

Berikut 5 pemain Afrika yang pernah ukses di Barcelona

Jorge Alberto Mendoça
Kariernya di LaLiga memang lebih mentereng ketika membela Atletico Madrid. Namun, ia mencatatkan diri sebagai pemain Afrika pertama yang membela Barcelona pada 1967.

Mendoça lahir di negara jajahan Portugal, Angola, dan menghabiskan sebagian besar kariernya di Spanyol. Mengawali kiprahnya di Eropa bersama Braga, ia lantas hijrah ke Deporitvo La Coruna pada 1958.

Hanya bertahan semusim, ia pindah ke Atletico Madrid dan berhasil meraih lima trofi bersama Rojiblancos selama sembilan musim. Kelima trofi tersebut meliputi satu gelar liga, tiga Copa del Rey, dan satu lagi Piala Winners.

Emmanuel Amunike
Kedatangan pria asal Nigeria tersebut menjadi tonggak bergabungnya pemain kulit hitam asal Benua Afrika ke Barcelona. Ia didatangkan dari Spoting CP pada 1996 dan bertahan hingga 2000.

Emmanuele Emunike - Barcelona - Liga Spanyol - Football5star
twitter.com/90sfootball

Selama di Catalonia, ia tak berhasil mencapai titik tertingginya. Cedera lutut berkepanjangan membuatnya hanya mampu tampil 19 kali dan mencetak satu gol selama empat musim.

Sejatinya, ia hanya mampu tampil penuh hingga musim 1997. Sisanya, ia hanya tampil sebanyak tiga pertandingan selama tiga musim berikutnya sampai 2000.

Samuel Eto’o
Pemain asal Kamerun ini bisa disebut sebagai pemain Afrika paling sukses di Barcelona. Sempat disia-siakan Real Madrid, ia berhasil membuktikan kualitasnya di Catalonia.

Samuel Eto'o - Barcelona - Liga Spanyol - Football5star
gettyimages

Ia tampil dalam 199 pertandingan dan mencetak 130 gol. Sederet trofi yang pernah ia sumbangkan antara lain tiga gelar liga, dua trofi Liga Champions, dan dua kali juara Copa del Rey.

Kebersamaannya bersama Blaugrana harus berakhir pada 2009 ketika dirinya menjadi “tumbal” transfer Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan. Sempat bertualang ke Rusia dan Inggris, kini ia tercatat membela klub Arab, Qatar Sports Club.  

Yaya Toure
Saudara kandung Kolo Toure ini membela Barca selama tiga musim. Ia menjadi poros andalan di lini tengah tim asuhan Frank Rijkaard sebagai penyeimbang Deco pada awal kedatangannya.

Yaya Toure - Barcelona - Liga Spanyol - Football5star
@championsleague

Masuknya Pep Guardiola pada 2008 membuat namanya tersingkir secara perlahan dari tim utama. Puncaknya, pihak klub melepasnya ke Manchester City pada musim panas 2010.

Kendati demikian, ia menjadi bagian dari skuat emas ketika memborong semua trofi dalam kurun 2009-2010. Beberapa gelar torehannya antara lain satu trofi Liga Champions, dua gelar LaLiga, dan satu Copa del Rey.

Seydou Keita
Gol pertamanya untuk Barca tercipta empat bulan setelah dirinya menandatangani kontrak untuk klub. Kehadirannya di lini tengah menambah variasi skema pemainan dan membuat performa tim jadi lebih seimbang.

Seydou Keita - Barcelona - Football5star - Liga Spanyol
barcablaugranes.com

Selama empat musim, ia merasakan puncak kesuksesan tim sepanjang sejarah klub berdiri. Semua tingkatan gelar sudah diraihnya bersama Blaugrana.

Keita dilepas ke klub asal China, DL Aerbin pada Juli 2012 dengan status bebas transfer. Ia memutuskan pensiun pada 2017 ketika membela tim asal Qatar, El Jaish.

Comments
Loading...