Sebelum Laga Liverpool vs Barcelona, Josep Bartomeu Lakukan Aksi Simpatik

Football5star.com, Indoensia – Aksi simpatik sebelum kick off Liverpool vs Barcelona dilakukan oleh presiden klub berjuluk Blaugrana, Josep Bartomeu.

Pria 56 tahun itu mendatangai monumen tragedi Hillsborough dan meletakkan karangan bunga. Aksi simpatik Bartomeu ini di-publish akun Twitter resmi Barcelona.

Dalam postingan tersebut, akun Twitter Barcelona memberikan caption, ‘You’ll never walk alone’. Sontak saja aksi ini mendapat apresiasi dari suporter sebelum laga Liverpool vs Barcelona di Twiiter.

Kronologisnya pecahnya tragedi Hillsborough tak bisa dilepaskan dari keputusan keliru FA yang menunjuk stadion ini sebagai venue pertandingan. Sejumlah pihak cukup aneh dengan keputusan FA saat itu, pasalnya stadion ini hanya berkapasitas 39,732 tempat duduk.

Apalagi saat itu, Liverpool dan Nottingham Forest punya rekam jejak sebagai rivalitas tinggi. FA menurut sejumlah pihak tak belajar dari tragedi yang terjadi pada 1981 di laga Tottenham Hotspur melawan Wolverhampton yang membuat 38 luka-luka akibat rebutan masuk stadion.

Kondisi ini juga yang terjadi di Hillsborough pada hari kelabu tersebut. Kedua suporter membludak serta kondisi stadion Inggris saat itu yang tidak seperti saat ini, membuat lautan manusia saling berdesak-desakan.

Laporan investigasi pada kasus ini juga menemukan sejumlah kejanggalan terkait kesiapan pihak penyelenggaran pertandingan. Salah satunya soal pendukung Liverpool yang jumlahnya lebih banyak justru tak mendapat jatah tempat duduk lebih sedikit.

Selain presiden Barcelona, Josep Bartomeu, penghormatan yang sama juga pernah dilakukan oleh Presiden PSG, Nasser Al-Khelaïfi pada September 2018 lalu. Skuat AS Roma pada April 2018 lalu juga lakukan hal yang sama.

Comments
Loading...